Ini Rahasia RX King BMS (Bambung Montor Semoyo) Klaten, Jawara Fun Race Boyolali (30 Des)

BeritaBalap.com-Ini bukan berteori, tapi fakta alias kenyataan. Bahwa Yamaha RX-King hasil korekan BMS (Bambung Montor Semoyo) asal Klaten, Jawa Tengah sukses meraih podium pertama atau juara kelas Sport 2 Tak Tune Up 140 cc Open (Non Built Up) di gelaran Boyolali Fun Race 2018, Jawa Tengah, Minggu kemarin (30 Desember). Saat itu mengusung nama tim Pokokke Hore.

BACA (JUGA) : Hasil Juara Lengkap Science Society One Karya Fajar Timur Fun Race 2018 Boyolali, Jateng (30 Desember)

Lebih lanjut diselami, ternyata kinerja rasionya ala matik yang memang “botolannya” didesain khusus. Jadi tanpa buka kopling. Tekan dan tekan terus tuas perseneling sesuai karakter power yang diinginkan.

Bukan tanpa alasan, pastinya mekanik Galih punya logika tersendiri yakni agar RX-King yang digeber oleh Soffyan Kancil ini perpindahan dayanya menjadi lebih cepat dan ringan sehingga akselerasi lebih spesial.

Tim Pokokke Hore yang meraih Jawara Sport 2 Tak Tune Up 140 cc Open (Non Built Up)

“Spek motor masih standart 140 cc, karbu, pengapian dan yang lainnnya sesuai dengan regulasi. Hanya saja, perbandingan rasio kita bikin ala matic yang praktis, ’’terang Galih yang hanya menyebutkan perbandingan rasio gigi 5 standar, sedangkan gigi 1 hingga 4 dirahasiakannya.

Hemmm, pakai dirahasiakan segala. Harap maklum saja ya ! itu hak seorang tuner. Namun prediksi penulis, hitungan rasio 1 dan 2 tidak jauh dari perbandingan 13-31 dan 17-29. Meski hanya fun race, persaingan dikelas ini tetap saja panas.

Menurut penuturan mekanik, akan percuma rasanya bila part pengabut bahan bakar dan udara tidak dimaksimalkan. Dalam hal ini, Karburator standar ukuran 26 tetap digunakan namun sudah direamer menjadi ukuran 30. Alhasil, gas aktif yang siap dikompresikan menjadi lebih padat merayap. Terlebih untuk pasokan di RPM atas.

Efektif pula mensupport port-exhaust yang dipatok dengan tinggi 26 mm saat diukur dari bibir silinder.  Ubahan lainnya menyangkut penggantian angka main jet dan pilot jet menjadi 35 dan 240. Demikian sesuai input dari pembalap yang mengacu pada handycap tikungan dan trek lurus pada lintasan Gokart Boyolali sepanjang 1,3 km. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like