Ini Skenario Dorna Setelah Seri Thailand Batal Ataupun Sepang Masih Diragukan

BeritaBalap.com-MotoGP 2021 Buriram Thailand (16-17 Oktober) sudah resmi dibatalkan. Jadi untuk 2 tahun ini belum diijinkan, mungkin nantinya tahun 2022 ya.

Tentu saja, mengacu kondisi demikian, termasuk sebelumnya pembatalan putaran Australia ataupun Jepang, maka Dorna Sports selaku pemegang hak eksklusif penyelengaraan sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

Intinya berupaya membuat seri MotoGP 2021 menjadi lebih banyak dari tahun 2020 lalu yang 15 putaran. Targetnya bisa minimal 19 seri. Adapun yang sedang diupayakan ialah kembali ke trek Le Mans Perancis yang sudah menggelar sebelumnya (14-16 Mei).


Dilansir dari media Speedweek.com, saat ini sedang dilakukan negosiasi antara Dorna Sports dan promotor Le Mans, Claude Michy. Penampilan spesial dari dua pembalap Perancis, Fabio Quartararo dan Johann Zarco yang ada di posisi 1-2 klasemen sementara MotoGP 2021 dipastikan menjadi alasan logis juga.

Namun problem pertama yang muncul adalah soal schedule. Tanggal yang tersisa ialah 26 September karena awal  dan pertengahan Oktober diadakan putaran di Austin USA dan Sepang Malaysia.

Sedangkan jika ingin berlangsung pada akhir Oktober atau awal November, itu dianggap berbahaya karena suhu sangat rendah. Kemudian masalah kedua adalah bahwa Michy ingin adanya penonton di Le Mans. Ini yang masih diragukan juga karena saat ini jumlah kasus infeksi Covid-19 di Perancis relatif tinggi.

“Saya berbicara dengan Claude Michy. Saat ini seri Le Mans yang kedua sangat tidak mungkin. Perjalanan kejuaraan dunia ini tidak dapat berlangsung sebelum akhir September. Dan saat ini tidak ada yang bisa memperkirakan bagaimana situasi Covid akan muncul dengan sendirinya dan apakah penonton akan diizinkan, “terang Herve Poncharal selaku Presiden Asosiasi Tim (IRTA) dan juga pemilik tim Tech3 KTM.

Pada bagian lain, Dorna Sports juga mewacanakan seri Austin USA digelar dua kali. Kalau untuk jadual saat ini adalah 1-3 Oktober. Nah, permasalahannya adalah mencari tanggal di lintasan COTA yang banyak dipakai untuk balap mobil. Ini masih berproses, termasuk juga putaran ‘double‘ Silverstone sedang diupayakan. Silverstone akan menghajat seri ke-12 tanggal 28-29 Agustus. BB1

Facebook Comments

You May Also Like