IRS 2017 Sentul : Ini Rahasia Mesin R15 Wahyu Aji, Podium Juara Kejurnas Sport 150 !

BeritaBalap.com- Selamat buat Wahyu Aji Trilaksana yang sukses meraih podium terbaik alias podium juara dari race 1 Kejurnas Sport 150 cc gelaran IRS 2017 di Sirkuit Sentul, Bogor (9 Desember). Petarung tim Yamaha Yamalube Aspira Premio FSCM WJ72 EGP HDS Racing ini mengungguli Rafid Topan.

Wahyu Aji (tengah), podium juara Kejurnas Sport 150 cc

Nag kali ini, portal beritabalap.com yang paling lengkap bicara brita balap menginvestigasi langsung perubahan setting yang dilakukan tuner senior Hawadis HDS Racing. “Jadi perubahan utama karena perbandingan kompresi yang naik menjadi 13,2 : 1 dari pada awal 13 : 1. Tenaga naik di semua tingkatan RPM. Dalam hal ini, tentu saja mapping harus ikut menyesuaikan lagi, “ujar Om Hawadis, sapaan akrab mekanik yang memang langganan jawara Kejurnas Sport 150 cc.

Mekanik, Hawadis HDS Racing

Infonya, YZF-R15 ini menembus angka 28,2 HP (Horse Power), sedang RPM tertingginya di angka 14.200. Tentu saja, bodi tubuh ringan Wahyu Aji sekitar 55 kg menjadi potensi tuner untuk lebih mengoptimalkan putaran atas. Ini keunggulan  Wahyu Aji yang asli Banyumas, Jateng.

koizumi

“Karakter camshaft saya buat tinggi hingga 274 derajat, baik sisi in maupun ex. Terpenting konsisten menjaga ritme RPM diatas 13.500 ribuan, “tutur Om Hawadis yang mematok kuncian efektifitas AFR pada 12,6. Pastinya, Om Hawadis dikawal Robert Cong yang berhubungan dengan mapping kurve pengapian yang mengaplikasi ECU aRacer. Pastinya lagi, bicara kinerja Throttle-Body (TB) mengadopsi label SYS Racing. Dalam konteks ini, berdiameter 33 mm.

Final-gear 15-46

“Oh ya untuk knalpot Pro Liner, kita buat khusus berdasarkan data dyno. Disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Ada trial dan error hingga tenaga dan torsi sesuai dengan yang kita inginkan, “tambah Hawadis yang menggunakan final gear 15-46 dan menegaskan penggunaan produk gear-set merk FSCM.

Jangan lupa pula, sisten pengapiannya rotor dengan magnet yang dirancang khusus hingga tetap dengan aki standar bawaan pabrik. Ini masih prototype ya ! Untuk perangkat ini, kabarnya akan diproduksi massal pada Maret-April 2018. Sabar ya, dijamin murah karena cukup dengan aki standar saja ! BB1 

Facebook Comments

You May Also Like