Jelang MotoGP Jerman : Banyak Tikungan Kiri (10), Michelin Sediakan 4 Pilihan Ban Khusus (Asimetris)


Michelin sebagai pemasok ban MotoGP 2017 akan membawa tipe kompon ekstra untuk seri ke-10 di Sirkuit Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini (2 Juli). Jadi akan ada 4 pilihan dari sebelumnya 3 saja.

Demikian sebagai langkah menyikapi atau mengantisipasi Michelin yang tidak memiliki data trek Sachsenring. Aturan pembatasan kebisingan lokal membuat pabrikan ban asal Perancis ini tidak dapat melakukan pengujian. Seperti dijelaskan diatas, akan ada 4 opsi ban, baik untuk bagian depan ataupun belakang. Yaitu lembut (soft-compund), kemudian dua tipe yang berbeda dari medium dan yang keras (hard).

Untuk mengatasi kebutuhan lintasan, semua akan menampilkan konstruksi yang sama dan asimetris dimana pada sisi kiri memiliki kompon yang lebih keras. Ini berhubungan dengan layout lintasan Sachsenring yang jauh lebih banyak tikungan ke kiri dibanding kanan.


Sirkuit Sachsenring yang hanya sepanjang 3,7 km ini memiliki 10 tikungan kiri dan 3 saja tikungan kanan.  Jadi memang jauh berbeda. Hal demikian yang disikapi Michelin dengan membawa ban dengan konstruksi khusus tersebut. Adapun pemenang MotoGP 2016 lalu ialah Marc Marquez, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso. BB1

Facebook Comments

You May Also Like