KTM Kirim Surat Protes Batasan Desain Aero, Tapi Ducati Ngotot, Yamaha & Honda ?

BeritaBalap.com-Tim KTM diberitakan menuntut batasan yang jelas sehubungan desain aerodinamika yang berlaku di balap MotoGP 2018. Tidak dibuat bebas-lepas. Harus ada batasan detail yang lebih jelas. Demikian yang disampaikan mereka dalam pertemuan dari asosiasi manufaktur alias pabrikan yang terlibat di MotoGP (MSMA) di Argentina.

Bahkan tim pabrikan asal Austria ini mengajukan surat resmi. Infonya pula, produsen telah memberikan banyak tekanan pada Direktur Teknik, Danny Aldrige yang memiliki tanggung-jawab penuh untuk memutuskan desain mana yang disetujui ataupun ditolak. Contoh, dia sebelumnya menolak saran dari produsen tertentu namun kemudian dalam beberapa bulan menyetujuinya.

KTM mengaku mereka telah berkonsultasi dengan ahli aerodinamika dengan bantuan mitra mereka, Red Bull. Para teknisi menyarankan untuk tidak fokus pada hal ini. Disebut sebagai hal yang tanpa batas. Tidak terbatas dalam pengembangan dan pengeluaran duit.

KTM mengusulkan untuk menghilangkan berbagai bentuk panel pada sayap desain aero

KTM mengusulkan untuk langkah pembekuan dari pengembangan aerodinamika. Mereka menyarankan untuk membersihkan berbagai panel pada sayap dari segala model. Tentu saja, ide ini harus mendapat keputusan bulat.

Kabar lebih lanjut, bahwa Honda dan Suzuki setuju dengan proposal ini. Sedang Yamaha belum mengiyakan atau tidak. Intinya, uang yang diinvestasikan kepada desain aero dapat lebih baik untuk pengembangan hal lain yang kemudian dapat ditransfer ke motor jalanan yang diprodusi massal.

Lebih lanjut, Direktur balap Aprilia, Romano Albesiano mengatakan bahwa ia akan terus bekerja untuk riset aerodinamika, namun jika memang mayoritas setuju untuk membekukan desain, maka dia menerima hal tersebut. Lain hal, Ducati yang jelas-jelas tidak setuju karena mereka sudah banyak menghabiskan uang untuk riset aerodinamika. Kita tunggu saja ya perkembangannya lebih lanjut karena akan ada pertemuan lanjutan dalam rangkaian MotoGP 2018 Austin USA akhir pekan ini (20-22 April). BB1

Facebook Comments

You May Also Like