Lebih Paham Soal Rem Di MotoGP, Brembo dan Nissin ? Tehnologi Terbaru ?

BeritaBalap.com-Tidak semua pencinta ataupun penonton MotoGP paham sehubungan kinerja pengereman dalam balap kasta tertinggi tersebut. Maka dari itu, portal BeritaBalap.com kasih edukasi alais pengetahuan biar semuanya tahun. Ya, maksudnya tidak buta dengan perangkat yang sangat penting menekan laju motor ini.

Pertanyaan awal, produk apa saja yang ada di balap MotoGP ? Apakah seperti helm yang dibebaskan dan ada beberapa merek ? Ternyata untuk saat ini, semua tim menggunakan kinerja pengereman by Brembo yang notabene bermarkas di Bergamo, Italia. Ini sudah masuk tahun ke-4 ya.

BACA (JUGA) : Berapa Sih Tekanan Ban Motor MotoGP, Ini Dia Jawabannya

koizumi

Sebelumnya sempat ada tim yang mengaplikasi tehnologi yang dikembangkan Nissin. Namun kemudian Nissin mundur. Brembo sendiri sudah terlibat sejak pertama kali diperkenalkan kategori MotoGP tahun 2002. Juga sebelumnya (1978-2001). Sudah meraih lebih dari 500 podium juara dalam 40 tahun eksistensinya.

Bagaimana pula dengan material yang saat ini dikembangkan pihak Brembo ? Pada awalnya menggunakan kaliper rem berbahan alumunium/lithium alloy. Ini diklaim 10 persen lebih ringan dan 5 perssen lebih kuat dari yang konvesnional. Namun memang konteks harganya relatif mahal.

Nah, saat 2016 kaliper alumunium/lithium dilarang karena faktor biaya hingga kemudian menggunakan alumunium “murni” dengan kualitas terbaik. Sekilas memang tidak terlihat perbedaannya dengan yang lama, namun yang pasti lebih menekan harga.

Kemudian fakta di 2019, ada 2 pilihan. Pertama disebut normal dan yang ke-2 disebut dengan “heavy duty” alias kerja yang lebih berat. Untuk tipe heavy duty dipakai oleh tim Ducati dan KTM.

Lebih lanjut, untuk 2020 nanti diaplikasi lagi yang anyar. Sudah diujicoba saat tes Valencia dan Jerez. Itu foto diatas dimana terlihat ada semaacm sirip pendingin dan bobot yang diklaim yang lebih ringan. Ini didukung oleh kinerja 4 piston dan infonya akan kembali dijajal saat pengujian di Sepang Malaysia (7-9 Febaruari). BB1 

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like