MotoGP Jerman : Marquez Jawaranya, Rookie Folger Bintangnya

Juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez (Repsol Honda) melengkapi rekor podium juaranya untuk ke-5 kalinya di Sachsenring Jerman, Minggu ini (2 Juli). Jadi berlaku sejak 2013 hingga 2017 ini. Itu di level MotoGP. Belum termasuk strata Moto2 ataupun Moto3.

Pertarungan ketat justru berlangsung antara Marquez dan rookie atau pendatang baru (rookie), Jonas Folger (Monster Tech3 Yamaha) yang sempat melibas Marquez di lap ke-6, tepatnya pada tikungan ke-12. Namun memang beberapa kali terlihat Folger mengambil racing-line yang salah atau jalur balap yang melebar. Terlebih di tikungan pertama.

Namun Folger pada akhirnya dapat meraih podium ke-2 dan ini prestasi terbaiknya dalam musim 2017. Tahun lalu, petarung tuan-rumah ini masih bertarung di level Moto2. Inipula menjadi bukti tangguhnya tim satelit Monster Tech3 Yamaha yang membesut YZR-M1 tahun lalu (2016). Ingat, bukan yang terbaru.


“Saya sebetulnya beberapa kali dapat mendekati Marquez, namun memang sering melakukan kesalahan, “tegas Folger. Untuk podium ketiganya diraih Dani Pedrosa. Tidak kalah menarik pula perjuangan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang start di deretan ke-11 namun dapat finish ke-4.

Sesuai hasil MotoGP Jerman, maka Marquez yang sebelumnya di urutan ke-4 dapat memimpin klasemen sementara MotoGP 2017. Namun perbedaan poin Marquez, Vinales, Dovizioso dan Rossi hanya beda-beda tipis saja. MotoGP 2017 sendiri memasuki libur musim panas dan akan berlangsung kembali di Brno Ceko pada Agustus nanti (6 Agustus). BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like