OnePrix 2020 : Wacana Pembatasan Latihan, Inikah Solusi Konkret Tim Kecil ?

BeritaBalap.com-Musim 2020 ini pentas balap OnePrix masuk tahun ke-2. Tahun pertama (2019) sudah berjaya karena memang disiarkan langsung televisi swasta nasional. Tidak ada duanya ! Jam tayangnya prime-time lagi !

Pastinya, portal BeritaBalap.com dan rekan One Manegement selalu setia hadir kemanapun serinya. Tidak perlu menunggu undangan, terus berkomitmen untuk memajukan balap nasional.

Tentu saja, ada berbagai catatan penting yang wajib dievaluasi untuk lebih baik di OnePrix 2020. Itu logis dan manusiawi. Jangan lelap dalam kenyamanan ! Oh ya, ada satu persepsi yang diutarakan pihak OMM (OnePrix Motorsports Management) selaku promotor penyelenggara.

koizumi

Konteks ini sangat disetujui penulis. Apa itu ? “Kita inginnya tim yang menang itu variatif, jangan itu-itu saja. Biar balapan makin ramai dan terus bergairah, “ujar Yanuardi selaku manajer OMM yang memang ujung-tombak di lapangan. Ini orang yang rajin bersosialisasi dengan tim dan dengan khalayak di medsos.

Dalam konteks komunikasi, doi  yang jadi foto utama/atas berita ini disebut opinion leader.  Makin komunikatif pula, ketika dalam sebuah kesempatan, diutarakan wacana yang akan dibahas dan diminta respon dari berbagai pihak. Ini sehubungan pembatasan latihan bebas.

Maksudnya, tidak serta-merta sebuah tim bebas dalam melakukan latihan di trek yang akan dipakai seri OnePrix. Misal ada yang mulai Senin atau Selasa atau Rabu atau bahkan sebelumnya lagi. Padahal latihan resmi sesuai jadual, baru Jumat (H-2). Anyway, perlu ada ketentuan waktu yang dijinkan. Jangan dilepas-bebaskan !

OnePrix 2020 ada wacana pembatasan latihan atau pengujian, tidak dibebas-lepaskan !

“Kasihan tim-tim kecil seperti kita kalau latihan dibebaskan. Kalau tim besar, mereka dananya besar dan latihan berapa haripun tidak masalah. Alhasil, mereka lebih diuntungkan dalam set-up mesin, juga untuk pembalapnya yang lebih banyak latihan, “tegas Hokky Krisdianto, pemilik tim Honda Duck57 yang konsen di level Novice dan Rookies. Inipun logika yang tepat.

Ingat pula, bahwa balap MotoGP saja ada batasnya dalam tes. Bahkan Dorna Sports kasih previllege atau semacam hak spesial bagi tim yang belum pernah podium untuk diperbolehkan lebih banyak dalam tes atau pengujian dibanding yang sudah merebut podium, disebut cakupan Hak Konsesi. Semua dilakukan sebagai upaya agar “jarak” perfoma motor antara tim gede dan menengah/kecil tidak jomplang.

“Soal ketentuan batasan latihan akan kita bahas dengan pihak IMI. Semoga ada solusi atas hal ini, “tambah Yanuardi. Oke kita tunggu ya perkembangannya lebih lanjut. Kabar-kabarin saja ya portal BeritaBalap.com yang selalu membahas dari sisi yang berbeda. BB1 (Ket FOTO : FB Yanuardi)

Rencana Seri OnePrix 2020 :

Seri  1 : 29 Maret

Seri 2 : 14 Juni

Seri 3 :  29 Juli

Seri 4 : 16 Agustus

Seri 5 : 20 September

Seri 6 :  15 November

Facebook Comments

You May Also Like