Ternyata Sekali Jatuh di MotoGP Butuh Biaya Motor Minimal 500 Juta ?

BeritaBalap.com-MotoGP itu balap yang protoype. Bukan motor yang diproduksi massal seperti superbike (WorldSBK). Semua perangkat dijamin super spesial dan mahal. Harganya selangit.

Menjadi pertanyaan menarik, berapa biaya yang dikeluarkan jika seorang pembalap terjatuh di MotoGP ?  Maksudnya, biaya sehubungan perbaikan motor ya. Jadi kita batasin dalam konteks tersebut, bukan akibat yang diderita rider. Paham ya !

BACA (JUGA) : Ternyata Mesin Moto2 Dibatasi Hingga RPM 14.500, Jika Melanggar Didenda 80 Juta

koizumi

“Satu set cakram rem karbon berharga sekitar 10.000 euro. Dan setiap kali motor terjatuh di kerikil, maka itu bisa merusak cakram, karena kita tidak bisa mengambil risiko dengan rem yang rusak, kita selalu menggantinya, “ujar Christophe Bourguignon, teknisi tim LCR Honda yang menangani pacuan Honda RC213V milik Cal Crutchlow.

Sampai disini jelas, bahwa untuk satu perangkat rem saja seharga Rp. 155 juta-an. Wow… mahal sekali ya ! Konteks yang sama juga berlaku untuk pelek yang harus pula diganti saat mengalami accident. Harganya 4000 euro/set alias seputar Rp. 62 juta-an. So, ini saja sudah wajib buka dompet senilai Rp. 200 juta-an.

BACA (JUGA) : Yamaha Uji Coba Holeshot Device Seperti Ducati Dan Aprilia, Alat Apa Sih ?

Namun ternyata tidak hanya sampai disini. Ada perangkat sepele atau kecil namun jika rusak harganya spesial. Itu komponen elektronik dengan tehnologi 2D senilai 2500 euro atau Rp. 38 juta-an, juga ada unit kontrol (semua sensor) yang banderolnya 15 ribu euro (Rp. 232 juta-an).  Belum lagi komponen pendingin senilai 10 ribu euro atau berkisar Rp. 155 juta. Wah..wah… !

“Semua memang tergantung pada pabrikan dan spesifikasinya, tetapi komponen seperti pendingin bisa berharga sekitar 10.000 euro. Di bagian depan, komponen elektronik dengan teknologi 2D yang terpasang, biayanya 2.500 euro. Kemudian ada unit kontrol dengan semua sensor. Ini berkisar antara 10.000 dan 15.000 euro, “tambah Christophe Bourguignon.

Belum lagi jika mengenai bodykit motor ataupun kaki-kaki. Alhasil, minimal harus keluar duit 500 juta atau setengah milyar untuk sekali jatuh ya. Itu angka minimal loh ! BB1

 

 

Facebook Comments

You May Also Like