Penting Dipahami ! Ini Soal Anggaran Duit Tim-Tim MotoGP 2018

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum mengerti sehubungan anggaran duit tim-tim yang bertarung di level MotoGP. Darimana saja anggaran sebuah tim dan berapa kisarannya ? Apa bedanya pabrikan dan tim satelit sehubungan sponsor ? Bagaimana dengan peran Dorna ?

Konteks ini yang coba digali portal BeritaBalap.com yang paling lengkap bicara berita balap. Jadi bukan sekilas informasi selalu. Bahwa biaya balapan sebuah tim, tentu saja berbeda antara pabrikan dan tim tengah atau papan bawah. Untuk pabrikan berada di kisaran minimal 30 juta euro atau sekitar Rp. 500 Milyar, sedang tim non pabrikan atau satelit antara 6-8 juta euro atau seputar Rp. 100-140 Milyar.

Itu berlaku untuk 19 seri MotoGP 2018 dimana 7 diantaranya berada di luar Eropa. Catatan penting, ini belum termasuk nilai kontrak tahunan ya. Bisa dibayangkan dengan nilai kontrak Jorge Lorenzo yang tembus lebih dari Rp. 200 Milyar.

koizumi

Tentu saja berbeda antara posisi tim pabrikan yang punya budget dana yang lebih memadai dibanding tim satelit yang harus mencari banyak sponsor untuk keberlangsungan pasukan mereka. Nah, sehubungan sponsor dibedakan ada yang memang kasih uang, tetapi adapula yang sifatnya support teknik. Paham ya sampai disini !

Bagaimana dengan peran Dorna selaku promotor penyelenggara MotoGP ? Apakah kasih hepeng alias duit juga ? Nilainya berapa ? Ternyata Dorna membantu tim satelit dengan memberikan uang 2,5 juta euro atau Rp. 43 Milyar untuk setiap rider dan per-musim. Maksudnya duit tersebut diberikan ke tim. Bukan ke pribadi masing-masing.

So, angka yang sangat lumayan. Dorna sendiri banyak beroleh duit dari sponsor penyelenggaraan di tiap seri ataupun yang lebih gede ialah hak siar. Lebih lanjut, kita pahami ya beberapa suber pendanaan utama dari tim-tim MotoGP 2018 dibawah ini :

Repsol Honda :
– Pabrikan Honda Jepang
– Repsol (Bahan Bakar dan Oli)
– Minuman Red Bull Energy Drink
Menyangkut hubungan Honda dan Repsol sudah bersama sejak 1995. Sebelumnya HRC menggandeng ELF. Kalau untuk Red Bull kolaborasinya sejak 2015.

Movistar Yamaha :
– Pabrikan Yamaha Motor Company (Jepang)
– Perusahaan Telekomunikasi Movistar (Spanyol)
– Monster Energy Drink (USA)
Movistar sendiri bersama Yamaha sejak 2014 seteah sebelumnya dengan Honda.

Suzuki Ecstar :
– Pabrikan Suzuki Jepang
– Pelumas Ecstar (Jepang)

Lebih lanjut, jika ada pertanyaan kenapa ada dua merk oli di Suzuki, yaitu Ecstar dan Motul. Ternyata itu merupakan dua produk yang dimiliki dua bersaudara.

Ducati :
– Pabrikan Motor Ducati (Italia)
– Perusahaan tembakau Phillip Morris
– Perusahaan Minyak Shell (Belanda)

Hubungan Ducati dengan Shell ternyata pula sudah sejak 1999. Kalau dengan Phillip Morris diklaim sejak Ducati turun balap MotoGP. So, ini sponsor-sponsor lama yang terbukti setia.

Red Bull KTM :
– Pabrikan Motor KTM (Austria)
– Minuman Energy Drink Red Bull (Austria)
– Motorex Lubricant (Swiss)
KTM, Red Bull dan Motorex adalah tiga hal yang solid. Sulit terpisahkan. Bicara Motorex, maka semua motor KTM didukung Motorex, termasuk di balap Moto3 dan Moto2.

Aprilia Racing Gresini :
– Pabrikan Motor Aprilia (Italia)
– Stasiun televisi SKY (Italia)
– Lembaga kredit Triul Mastercard
Piaggio Group ada dibeakang proyek MotoGPnya Aprilia. Tim ini dikomandoi Fausto Gresini. Televisi SKY sudah mensupport sejak awal, sedang Tribul Mastercard sejak akhir 207.

LCR Honda :
– Givi Accessories for Motorcycles (Italia)
– Castrol (Inggris)
– Assesoris Rizoma (Italia)
– Untuk Takaaki Nakagami ada sponsor Oli Idemitsu (Jepang)

EC 0,0 Marc VDS :
• Marc VDS Patron (Belgia)
• Estrella Galicia brewery (Spanyol)
• Total Oil (Perancis)
Ini tim yang dimiliki milliarder bir, Marc van der Straten asal Belgia. Anggaran balapnya memang luar biasa. Modalnya banyak. He he he he…

Alma Pramac Ducati :
– Generator Pramac (Italia)
– Alma personnel management (Italia)
– Batere FIAMM (Italia)

Reale Avintia :
– Asuransi Real Seguros (Spanyol)
– Perusahaan konstruksi Avintia (Spanyol)
– Croisi Europe Tourism (Belgia)

Angel Nieto (Aspar)
– Pakaian Pull & Bear (Spanyol)
– Gaviota Sunscreen (Spanyol)

Tech3 Yamaha
– Minuman Monster Energy Drink (USA)
– De Walt Power Tool (USA)
– Oli Motul (Perancis)

 

Facebook Comments

You May Also Like