Rahasia Ninja Std Penguasa Gadhuro Dragbike Kendal, Tuned by Yusron Alifka

BeritaBalap.com- Diantara mekanik papan atas yang ikut mengawal tim atau pebalap di kejuaraan balap karapan bertajuk Gadhuro Puas Swallow Dragbike Championship 2019 putaran ke-4 Kendal (24 Nov), hadir nama Muhammad Yusron Supriyanto, akrab disebut Yusron Alifka.

Ini mekanik asal Magelang yang berdomisili di Yogyakarta. Salah satu karya-nya berhasil mengantarkan Dwi AW merebut podium pertama kelas Sport 2 Tak Standart 155 cc (Pemula Point) dengan catatan waktu terbaik 07.306 detik.

BACA (JUGA) : Hasil Juara Gadhuro Dragbike 2019 Kendal

Ditelusuri lebih jauh. Ninja Standart yang tergabung dengan tim Sapi Edan Alifka ini menggunakan karburator standart reamer  venturi menjadi diameter 31 mm. Untuk ukuran spuyer, yaitu pilot jet 70 dan main jet 150.

Jadi jalur bahan bakar dan udara ditambah. Ini lebih padat berisi sesuai kebutuhan ruang bakar yang juga sudah diupgrade dengan tekanan kompresi 13,5 : 1. Nah, untuk power di RPM atas terasa spesial dengan dukungan port-exhaust dengan tinggi 28,5 mm, lebarnya 42 mm, sedang lubang transfer optimal pada 42 mm.

Karburator reamer hingga 31 mm

Sayangnya memang tidak dapat optimal menorehkan best-time karena kondisi lintasan. “Trek sebelah kanan bergelombang, sedangkan sebelah kiri mulai dari start menuju 50 meter rada licin. Salah satu triknya menjaga kopling saat oper gigi. Saya juga harus menjaga setang agar tetap tenang, sebab berpengaruh juga pada catatan waktu. Posisi badan yang sigap agak ke depan dan mendekap tangki bahan bakar standar,’’bilang Dwi AW.

Lebih lanjut dijelaskan untuk pengapian diakali dengan CDI Suzuki TS. RPM bisa lebih mulur. Untuk formulasi rasio 1 diplot pada angka 16/28, kemudian rasio 2 (20/28), 3 (Std-24), 4 (Std-23), sedangkan 5 dan 6 standart, berujungan pada  final gear yang optimal pada perbandingan 13/39.

Siplah ya…, bagi yang masih penasaran dengan pacuan ini, silahkan datang ke sirkuit Lanud Gading Yogyakarta awal bulan Desember dalam hajatan final IDC 2019 ya. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like