Ribut-Ribut Aturan Baru Bobot (AP250), Kawasaki & Yamaha Tidak Puas ?

Two Wheels Motor Racing (TWMR) selaku promotor penyelenggara balap Asia telah mengeluarkan dan mempublikasikan perubahan peraturan bobot minimal motor dalam kelas Asia Production 250 (AP250). Berlaku mutlak sejak putaran ke-4 gelaran Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) di Sentul pada 12-13 Agustus nanti.

Secara garis besar, Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja 250R dibuat lebih ringan menjadi 130 kg, sedang Honda CBR250RR tetap dengan berat 135 kg. Pertanyaan kritisnya, apakah itu sudah akomodatif ? Bagaimana fakta di lapangan jika ingin memperingan berat motor lagi ?

Tentu saja, tidak mudah memperingan bobot pacuan AP250 ditengah ketatnya aturan. Kabarnya Yamaha sudah sangat sulit hingga 134 kg dan bingung untuk mengurangi lagi 4 kg ditengah terbatasnya aturan. Kabarnya juga, Kawasaki sudah 136 kg dan sangat kerepotan dengan penurunan 6 kg lagi setelah sudah mengganti velg, sub-frame, aki dan mur-baut.

koizumi

Padahal untuk magnet tidak boleh diganti. Harus standar pabrik. Adapula muncul pertanyaan lebih lanjut, kenapa tidak Honda CBR250RR saja yang bobotnya ditambah, sedang Yamaha dan Kawasaki tetap seperti saat ini ? Boleh jadi, TWMR juga sulit ditengah banyak kepentingan yang ada. Bukan rahasia umum, banyak tekanan dan ancaman dari berbagai pihak. Kita tunggu saja perkembangan lebih lanjut sambil melihat bagaimana perubahan kompetisi di seri ke-4 Sentul. BB1

Facebook Comments

You May Also Like