Rossi Ukir Sejarah Rider Tertua Raih Podium MotoGP, Usia 38 Tahun 129 Hari, Singkirkan Troy Bayliss


Kemenangan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di seri ke-8 MotoGP Assen, Belanda lalu (25 Juni) menorehkan sejarah spesial lainnya. Selain kemenangan ke 115 kalinya (sejak 1996), juga podium juara tersebut dicapai dalam usia tertua sepanjang sejarah MotoGP.

Yaitu pada umur 38 tahun 129 hari. Juara dunia sembilan kali ini menyisihkan catatan Troy Bayliss yang pernah podium jawara saat usia 37 tahun 213 hari. Bayliss merebutnya pada tahun 2006 di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia.

Bayliss yang berasal dari Australia pernah tarung di MotoGP, sejak 2003 hingga 2005 sebelum kemudian kembali ke superbike (WSBK). Saat ini di usianya sudah 48 tahun sudah tidak balapan di gelaran bergengsi lagi. Jangan salah persepsi ya, bahwa data ditabel untuk semua ketagori balapan. Yang kita fokuskan di strata MotoGP.


DATA USIA PARA RIDER MERAIH PODIUM DALAM BERBAGAI KEJUARAAN

Jadi Rossi memenangkan podium juara dengan usia tertua untuk level MotoGP. Kalau bicara dalam balapan kategori lainnya, untuk petarung tertua dipegang oleh Fergus Anderson yang menang tahun 1953 di Montjuic dengan pacuan Moto Guzzi dalam balap 500 series, itu pada umur 44 tahun 273 hari. BB1

Facebook Comments

You May Also Like