RX King Terkencang di Road Race Cilacap (6 Okt), Apa Rahasia Mesinnya ?

BeritaBalap.com- Secara teknis, maka Yamaha RX King dibawah naungan tim Martha Creampie Isabela Racing Team ini memiliki timing pengapian 12º sebelum TMA (Titik Mati Atas). Titik ledak dalam langkah kompresi dipercepat. Tenaga jadi lebih responsif. Peak performance yang dibekali port-exhaust setinggu 24 mm dipeluk erat.

Pastinya, ini sesuai dengan riset dari mekanik, termasuk penggunaan Creampie Muffler Yogyakarta yang sangat membantu meningkatkan respon pada mesin motor tunggangan Agus Setiawan tersebut.  Patut dicatat, bahwa RX King adalah peraih podium pertama kelas Sport 2 Tak Tune Up 140 cc Open (Point) dalam Road Race Cilacap, Minggu kemarin (6 Oktober).

BACA (JUGA) : Hasil Juara Lengkap Cilacap Dandim Cup Open Road Race 2019

Sejak kualifikasi sudah kelihatan kelebihan korekan dan pebalapnya. Tiada lawan serius. Bagi yang belum faham, knalpot Creampie yang dipakai berbahan baku stainless. Didesain sesuai dengan kebutuhan mesin.

Jika dibandingkan dengan merk lain, Creampie Muffler mudah mendapatkan power dan torsi. Karakter suaranya garing dan padat. Kemudian ini semua disempurnakan dengan pengapian full set special engine YZ-125.

Creampie Muffler alias knalpot Creampie berbahan baku stainless, mudah disetting dan berkarakter suara yang garing dan padat

Pada bagian lain, ada kenyamanan dari rangka dan kaki-kaki. Sebab semakin besar tenaga motor, maka butuh sasis dan suspensi yang mampu menjinakkan power. Bila tidak, rider asal Solo tersebut bisa kerepotan mengendalikan tenaga motor. Racing line nya nggak tepat alias ngawur.

‘’Saya bermain lepas dan enjoy dengan motor ini. Sebab motornya nyaman untuk diajak ngebut,’’bilang Agus Setiawan. Jelas enjoy dong karena doi juga merajai beberapa kelas point, makanya menjadi juara umum kejuaraan Cilacap Dandim Cup Open Road Race 2019.

Agus Setiawan peraih podium pertama kelas Sport 2 Tak Tune Up 140 cc Open (Point) on action

Jika Agus Setiawan sudah berkata demikian, maka RX King langganan podium Kejurda Jateng dan DIY berada di atas angin. Maksudnya, meski tekanan dari lawan relatif tinggi tetapi podium pertama tidak akan menjauh. Kan sudah membuat doi enjoy.

Menikmati balapan dengan ciri khas tenaga yang kuat pada RPM bawah. Ini efek dari perbandingan kompresi 7,3 : 1 dengan memapas head-cylinder setebal 1,5 mm. Untuk perangkat sehubungan pasokan bahan bakar dan udara dari karburator yang direamer menjadi 30 mm. Intinya, tenaga sangat responsif dan cocok dengan handycap lintasan yang dilahap.

Alasannya, karakter Sirkuit Jl. S Parman Cilacap tergolong pendek dan pebalapnya juga hanya bisa menggunakan kecepatan sampai dengan 3 kecepatan saja. Yang jelas, akhir pekan ini, RX King siap tanding lagi di kota Magelang, Jawa Tengah. Kita tunggu saja ya pembuktiannya lebih lanjut. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like