Seri 1 Mundur, Honda, Suzuki, KTM Dan Aprilia Pergi Ke Jerez, Ngapain Disana?

BeritaBalap.com – Seri perdana GP Qatar telah dibatalkan karena coronavirus, Thailand pun ditunda bahkan Austin yang sejatinya seri ke-3 dan dimajukan untuk menggantikan Qatar dan Thailand pun ditangguhkan.

Dengan logika demikian, secara teknis, tidak ada karantina mesin di MotoGP. Karena mesin belum disegel, maka pengembangannya masih sangat bisa dilanjutkan. Situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menjadi peluang bagi pabrikan.

BACA (JUGA) : Diam-Diam Ducati Incar Jonathan Rea Juara Dunia WSBK 5 Kali, Benarkah?

koizumi

Jadi untuk terus melanjutkan pengembangan pada 18 hingga 20 Maret beberapa pabrikan akan melakukan tes di Jerez. Suzuki, Aprilia, KTM dan terutama Honda yang masih belum puas dengan motor musim 2020, berbondong-bondong melakukan test kembali. Seluruh pabrikan bahu membahu menyewa sirkuit Jerez.

Pekerjaan pengembangan motor masih belum berhenti sampai saatnya pada seri perdana semua pabrikan melakukan homologasi motor yang digunakan untuk musim 2020. Pekerjaan pabrikan masih belum berhenti.

BACA (JUGA) : Bos Ducati Sebut Belum Ada Kontrak 5 Ridernya (2021-2022), Penentuannya Ialah…

Beberapa rider tim konsensi seperti KTM dan Aprilia memiliki peluang test yang lebih bagus. Semua rider utama bisa melakukan uji coba disamping para test ridernya. Tidak hanya tidak tim pabrikan, beberapa tim satelit pun melakukan hal yang sama.

Berbeda dengan tim non konsesi seperti Honda dan Suzuki, kedua pabrikan ini hanya bisa menurunkan test ridernya untuk melakukan pengembangan motor, yakni Stefan Bradl untuk Honda dan Sylvain Guintoli test rider Suzuki.

BACA (JUGA) : MotoGP USA (5 April) Terancam Tunda/Batal, Tanggalnya Dipakai Aragon Atau Jerez ?

Agak berbeda dengan Ducati dan Yamaha, kedua pabrikan ini tidak turut bergabung dengan keempat tim yang menyewa sirkuit Jerez. Ducati dan Yamaha memilih sirkuit sendiri.

Yamaha akan berada di Motegi bersama Jorge Lorenzo dan Katsuyuki Nakasuga. Sementara Ducati akan melakukan uji coba dengan Michelle Pirro di salah satu sirkuit yang dipilih oleh pabrikan asal Italia tersebut. Pilihannya adalah Valencia, Mugello atau Misano.

Nah, jadwal uji coba Maret ini merupakan paruh pertama dari bulan ketiga di tahun 2020, lantas bagaimana dengan paruh kedua bulan Maret dimana seri perdana MotoGP 2020 masih cukup lama yakni di bulan April? WIC

Facebook Comments

You May Also Like