Setelah Ducati V4R, Ada Aprilia RSV4 X, Jual Tehnologi, Harga Rp. 630 Juta-an

BeritaBalap.com-Perfoma motor superbike (WorldSBK) saat ini sudah jauh meningkat. Terbukti dengan hadirnya Ducati V4R yang diklaim mengusung tehnologi MotoGP. Masih dalam kerangka regulasi balap superbike, V4R menjadi bukti pabrikan bahwa perlu ada peningkatan kualitas motor tanpa takut dengan harga yang naik signifikan.

Konteks ini yang kemudian menjadi acuan pabrikan lain untuk membangun. Seperti juga Aprilia RSV4 X yang dikembangkan oleh departemen balap Aprilia. Diklaim punya tenaga 225 HP dan berat 165 kg. Wow.. hampir pula dengan powernya MotoGP yang bermain di angka 250-260 HP (Horse Power).

Walau untuk tahap awal dilepas 10 unit saja, diipastikan kudabesi ini akan kembali dilepas ke pasaran dengan jumlah yang meningkat. Aprilia RSV4 X sendiri dilego seharga 40 ribu euro atau sekitar Rp. 630 juta-an. Jadi ini setara Ducati V4R.

koizumi

Padahal motor superbike lainnya bermain di range harga 18 ribu euro atau seputar Rp. 300 juta-an. Ingat ya, itu harga di Eropa. Bukan di Indonesia yang pastinya jauh melambung tinggi karena pajak. Sayang pabrikan Aprilia sudah mundur dari balap superbike. Memilih fokus MotoGP. Infonya Kawasaki akan melahirkan motor baru tahun depan. Upgrade ZX-10 RR yang sudah berjaya dalam 4 tahun belakangan (2015-2018) lewat Jonathan Rea.

“Kita perlu menjadi lebih kompetitif dan berpikir tentang motor seperti MotoGP. Motor ekstrim yang kami produksi dalam jumlah terbatas secara seri. Sangat mudah bagi Kawasaki untuk membangun 500 sepeda motor seperti itu, “terang Ichiro Yoda, Direktur Balap Kawasaki. BB1

Facebook Comments

You May Also Like