Teknologi Baru Swingarm Siap Muncul Di MotoGP, Teknologi Apa?

BeritaBalap.com – Saat ini serat carbon menjadi teknologi tertinggi di MotoGP. Ducati menjadi pelopor penggunaan serat karbon semenjak dibuatnya sasis berbahan kevlar itu. Namun kini ada teknologi baru yang siap mengalahkan carbon kevlar.

Memang penggunaan serat carbon bertujuan mencari kekakuan namun tidak mengorbankan beratnya. Dalam hal ini serat karbon menjadi material ringan dan sangat kuat.

BACA (JUGA) : Jika Pindah Aprilia, Karel Abraham Tetap Disupport Helm NHK ?

koizumi

Kini serat carbon akan bisa dikalahkan dengan teknologi baru yang siap masuk ke MotoGP. Saat ini eksperimen sedang berlangsung dengan motor listrik yang dibuat oleh Moto Student dari tim Unibo Motorsport, University of Bologna. Seluruh pendanaannya dibantu oleh yayasan Ducati.

Swingarm ini di print menggunakan teknologi Selective Laser Melting (SLM)

Swingarm berteknologi baru ini dicetak menggunakan 3D printing dengan teknologi proses SLM (Selective Laser Melting).

BACA (JUGA) : Bukan Winglet, Tapi Perangkat Ini Sangat Membantu Rider Saat Engine Braking

Penggunaan artificial intelligence memungkinkan logam di print. Proses cetaknya berlangsung selama 180 jam dengan mata sinar laser. Sinar laser tersebut menggabungkan partikel serbuk logam secara bersamaan sehingga berwujud benda 3D.

Untuk membuat sebuah swingarm yang dicetak 3D, dibutuhkan 9.800 lapisan. Hasilnya bobot swingarm hanya 3,5 kg namun tidak mengorbankan kekakuan sebuah swingarm. Bahkan desainnya bisa dibuat sesuai keinginan tanpa banyak mengubah cetakan seperti pembuatan swingarm pada umumnya.

BACA (JUGA) : Legenda MotoGP Ini Tidak Setuju Alex Marquez Di Tim Repsol Honda, Alasannya ?

Asyiknya lagi dengan teknologi Selective Laser Melting (SLM), kekakuan bisa disetting menurut kebutuhan. Dalam hal ini jumlah layer (lapisan) bisa dikurangi atau ditambah menurut kekakuan yang diinginkan. Selain dari lapisan, desain swingarm pun bisa disesuaikan sesuai keinginan dan menurut kekakuan yang akan dikejar.

Di era MotoGP arti kekauan sangat penting mengingat setiap sirkuit membutuhkan tingkat stiffness yang berbeda pada swingarm.

Sepertinya Ducati yang akan menerapkan pertama kali deh. WIC

Facebook Comments

You May Also Like