Terungkap…! Berapa Ratus Juta Biaya Sewa Sirkuit Sentul Besar ?

BeritaBalap.com-Menarik untuk diinvestigasi lebih lanjut sehubungan berapa biaya atau tarif sewa Sirkuit Internasional Sentul, Bogor untuk 2 hari pelaksanaan balap (Sabtu-Minggu).

Oh ya, sampai disini kita harus satu persepsi ya, bahwa Sentul itu milik swasta dan sah-sah saja untuk mematok berapa harga sewanya. Namun kali ini, penulis fokus pada event balap motor. Secara logika, jika ada yang tanya bagaimana dengan balap mobil. Dijamin lebih mahal ! Itu logika sederhananya.

Berapa dong biaya sewa untuk fasilitas trek sepanjang 3,9 km dengan jejeran paddock dan area parkirnya ? Ternyata, semua tergantung pada konsumen yang akan memakainya. Lain promotor umum, lain pula pabrikan.

koizumi

BACA (JUGA) : Kejurnas Sport (IMS 2020 Sentul) Live MetroTV, Peran Penting Haji Rusdi Masse ?

Maksudnya, pabrikan dipastikan lebih mahal. Bahkan pula, Honda diplot dengan harga yang lebih mahal dari Yamaha. Alasannya penjualan motor Honda yang lebih banyak. Kan duitnya lebih banyak. Logis juga ya !

Info yang didapat penulis untuk setiap event Yamaha Sunday Race mencapai hampir 400 juta dalam pelaksanaan balap selama 2 hari (Sabtu-Minggu). Itu harga 2019 dengan fasilitas sirkuit yang pastinya termasuk marshall dan area paddock serta parkir. Termasuk juga ruang press room.

Oh ya, narasumbernya minta dirahasiakan ya. He he he he… Ini boleh-boleh saja dalam dunia jurnalistik. Patut dipahami juga, harga tadi lain dengan kru Racing Committee (RC) dimana harus bayar sendiri atau berbeda.

Informasi lainnya, saat gelaran Honda (CBR Day) diklaim lebih mahal lagi dari Yamaha.  Sekali lagi ditegaskan, bahwa konsumen dibuat terpisah antara umum dan pabrikan, termasuk konteks pabrikan pun dibedakan lagi berdasarkan marketnya.

Namun ternyata, saat IRS 2018 yang diselenggarakan Indospeed berkisar sekitar Rp. 240-250 juta. Kabarnya, untuk Kejurnas Sport (IMS 2020) masih dalam proses tawar-menawar dengan permintaan Rp. 280 juta. Itu kata Eddy Horison yang dipercaya menjadi advisor IMS 2020.

Mungkin, ada kenaikan antara 10-20 persen setiap tahun. Anyway, memang sampai saat ini tidak ada pilihan lain dan untuk sementara ini memang trek Sentul Besar, Bogor yang terbesar. Paham ya…! BB1

Facebook Comments

You May Also Like