Terungkap Biaya Balap ARRC 2022 Thailand Tim Manual Tech Dengan 8 Personil Saja, Berapa ?

BeritaBalap.com-Seri pertama Asia Road Racing Championship 2022 (ARRC 2022) sudah dihelat di Sirkuit Buriram Thailand, Minggu lalu (25-27 Maret). Pembalap Indonesia terbukti dominan di kelas Asia Production 250 (AP250).

Maksudnya dominan adalah memborong podium juara dalam 2 race yang dipentaskan. AM Fadly (Motul Sniper Manual Tech Racing Team) meraih podium terbaik di race ke-2 AP250 dan hanya berjarak tipis 0,017 dari Rafid Topan (LFN H Putra969 Racing Team.

Ibnu Sambodo saat bersama AM Fadly pada podium juara AP250 di Race ke-2

Lebih lanjut, adalah menarik untuk mengetahui kalkulasi biaya yang dikeluarkan sehubungan seri pertama ARRC Thailand, termasuk sesi pretest pramusim yang berlangsung beberapa hari sebelumnya. Yang pasti, ada peningkatan budget duit yang signifikan, baik dalam konteks biaya flight atau penerbangan, hotel, biaya makan, transportasi dan lain-lain.

koizumi

BACA (JUGA) : Ternyata Tim Manual Tech Yang Jawara AP250 Sudah Ganti Tukang Mapping Pengapian

“Kalau kita dengan penghematan 8 orang untuk 1tim, itu pengeluarannya sekitar 370 juta dalam rangkaian test dan seri satu ARRC Thailand, “ujar Ibnu Sambodo selaku pemilik tim Motul Sniper Manual Tech Racing Team.

“Jadi peningkatannya lumayan besar, sebelumnya sekitar 250 juta. Itu terakhir balap tahun 2019 di Buriram, “tambah Ibnu Sambodo yang saat ini dikawal tukang mapping ECU pengapian yang baru, Onggo Mototech.

Tentu saja, ketika bicara tim besar seperti pabrikan Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Yamaha Racing Indonesia (YRI) ataupun LFN H Putra 969 Racing Team, dijamin memiliki pengeluaran yang lebih besar. Maklum saja, person yang terlibat sekitar 15-20 orang. Jauh lebih banyak. Belum lagi bicara standar penerbangan ataupun hotel yang dipesan.

Bahkan untuk tim yang disebut terakhir yang notabene dimiliki Haji Putra Rizky diprediksi kuat lebih besar dari 2 pabrikan tersebut. Kabarnya dengan biaya lebih dari 1 milyar.

Beruntung tim pendatang baru ini dapat merebut 3 podium, satu kali di AP250 lewat Rafid Topan sebagai runner-up dan dua kali di kategori Underbone 150 (UB150) dengan duo racer muda M Jordan dan M Robby. Masing-masing podium ke-2 dan ke-3 dalam 2 race yang dihadirkan. BB1 (Ket FOTO : Facebook Asia Road Racing Championship)

Facebook Comments

You May Also Like