Tes Ride Honda PCX Menuju Bromo, Tepat Sasaran !!

BeritaBalap.com – Minggu kemarin penulis diberikan kesempatan oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) main dealer motor Honda wilayah Jatim dan NTT untuk mencoba All New Honda PCX 160, tanpa menunggu lama penulis langsung membawa matic berkapasitas murni 156,9 cc ini diklaim punya tenaga maksimal 15,8 dk di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Sengaja menjadikan Bromo untuk rute perjalanan, supaya bisa melihat performa matic besar ini untuk digunakan perjalanan jauh dan penuh tanjakan. Dan benar, ternyata justru All New Honda PCX 160 baru terasa nyaman saat digunakan perjalanan jauh.

BACA (JUGA) : Honda PCX160 Raffle Semarakkan Pameran Virtual FIFGROUP FEST

koizumi
Terasa Nyaman Saat Digunakan Touring

Performa 

Untuk perjalanan jauh, Honda PCX 160 sedikit terasa berat di tarikan awal. Dan ternyata tarikan awal atau dari berhenti hingga kisaran 40 km/jam rasanya identik dengan PCX 150, tetap responsif padahal pakai roller 19 gr.

Justru yang beda signifikan dan membuat penulis merasakan kenyamanan justru pada kecepatan menengah dan atas. Pada kisaran 40-70 km/jam, respons mesin justru terasa lebih kalem, baru kemudian di atas 70 km/jam yang mana di PCX 150 sudah terasa datar, di PCX 160 jadi kuat, terasa lebih ngisi.

BACA (JUGA) : PT MPM Siap – Siap Launching All New Honda Vario 160 di Gelar di Surabaya dan Malang

Ban Gambot Bikin Handling Lebih Nyaman

Efeknya di kitiran 80-90 km/jam jadi lebih menyenangkan dan terasa tetap bertenaga. Malah kalau gas dipelintir terus, masih mudah tembus 110 km/jam. Naik perlahan sampai angka di spidometer mentok di angka 119 km/jam.

Jika dibandingkan dengan PCV 150, pada kecepatan 0-60 km/jam catatan waktunya sama-sama 5,2 detik, lalu 0-80 km/jam justru PCX 150 unggul, namun 0-100 km/jam PCX 160 lebih cepat. Kalau dari raihan jarak, PCX 160 unggul di 0-100 m dan 0-201 m, tapi di 0-402 m justru seimbang.

Getaran yang terasa di setang, jok dan dek masih terbilang minim. Apalagi sekarang di setangnya terdapat peredam karet.

BACA (JUGA) : All New Honda PCX Terpilih Sebagai Motor Terbaik Di Indonesia

Kantung Minuman Sekaligus Carger HP Dengan Power Outlet Model USB

Riding Position & Handling

Dengan bodi yang terbilang gambot, PCX 160 terasa nyaman saat digunakan perjalanan jauh dan bisa dibilang stabil. sedangkan untuk posisi duduk di PCX 160 ini identik dengan PCX 150, baik itu tinggi joknya, posisi setang maupun kaki.

Bedanya, busa jok terasa sedikit lebih empuk dan dek sisi depan yang bagian miring lebih lega. Karakter handling pun terbilang identik, walaupun sasis yang digunakan sama sekali berbeda. Sama-sama terasa ringan, nurut dan lincah. Tapi buat melibas tikungan juga lebih mantap, karena ukuran ban yang dipakai lebih lebar.

Yang beda tentu kenyamanannya, sedikit lebih baik, tak hanya karena busa jok yang lebih empuk walaupun tetap tipis, tapi juga dari suspensinya.

BACA (JUGA) : Ini Salah Satu Bentuk Apresiasi PT MPM Terhadap MotoGP Mandalika

Lampu LED Sangat Mendulung Saat Perjalanan Malam

Suspensi belakang punya redaman yang sedikit lebih empuk. Jadi ketika melibas jalan tak rata, tapi yang tak parah, terasa lebih nyaman karena tekanan atau rasa “jeduk” yang terasa di pinggang jadi berkurang.

Tapi, jika melibas gundukan tinggi atau lubang yang lumayan dalam, sehingga suspensi mengayun lebih dalam, maka tetap terasa keras. Maka sebaiknya dilibas perlahan saja. Tapi, ketika dipakai berboncengan empuknya pas tentunya dengan tekanan angin untuk ban yang pas ya tidak terlalu keras.

Jadi walaupun sudah lebih nyaman, tampaknya PCX memang didesain untuk melibas jalan perkotaan yang mayoritas mulus.

Kalau medan yang dilalui banyak polisi tidur atau jalan rusak dan lebih sering berkendara sendirian, biar lebih nyaman perlu ganti sokbreker yang lebih empuk.

BACA (JUGA) : Hadirnya All New Honda PCX Akan Perkuat Dominasi Di Segmen Skutik Premium

Busa Jok Empuk Dan Lebar

Fitur & Teknologi

Dalam penggunaan harian, fitur yang paling terasa gunanya tentu saja bagian bagasi yang berkapasitas 30 liter dan bisa dengan mudah memuat segala kebutuhan. Kalau saat riding bisa muat helm, jas hujan, sepatu, sarung tangan, tas dan sebagainya.

Sedang laci di bawah setang bisa pas muat botol minum 600 ml, yang mana di dalamnya juga terdapat power outlet model USB. Sehingga ketika mau mengisi ulang baterai smartphone, lebih mudah dibanding yang masih model lighter.

Yang juga menarik adalah lampu barunya, sorotnya ternyata tipis tapi lebar, dan ketika lampu jauh diaktifkan akan menambah terang sisi tengah dan sedikit ke atas. Tapi sorotnya tetap saja khas LED, putih dan saat hujan jadi remang-remang.

Fitur andalan lain dari PCX 160 tentu ada smart key, yang mana di dalamnya juga terdapat answer back dan alarm, sehingga lebih aman dari kemungkinan dicuri. Tapi sekarang di remote cuma ada 2 tombol, karena answer back dan alarm menyatu. CHR

 

Data spesifikasi:
Tipe mesin: 4 Langkah, SOHC 4 klep, eSP+
Tipe pendingin: cairan
Sistem suplai bahan bakar: PGM-FI
Diameter x langkah: 60,0 x 55,5 mm
Kapasitas: 156,9 cc
Rasio kompresi: 12:1
Ukuran ban depan: 110/70-14 M/C Tubeless
Ukuran ban belakang: 130/70-13 M/C Tubeless
Rem depan: Cakram hidrolik
Tipe CBS triple pots
Tipe ABS double pots
Rem belakang: Cakram hidrolik
P x L x T: 1.936 x 742 x 1.108 mm
Tinggi tempat duduk: 764 mm
Jarak sumbu roda: 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Curb weight: 131 kg (CBS) 132 kg (ABS)
Kapasitas tangki bensin: 8,1 L
Sistem pengapian: Full transisterized
Tipe aki: 12 V-5 Ah, tipe MF
Tipe busi: NGK LMAR8L-9
Power charger: 5 V, 2,1 A

 

Facebook Comments

You May Also Like