Tiap Tahun Rogoh Kocek Pribadi 70 Milyar, Marc VDS Tidak Lanjut MotoGP 2019 ?

BeritaBalap.com-Kelangsungan hidup tim Marc VDS Honda diragukan banyak pihak. Maksudnya untuk musim kompetisi MotoGP 2019 nanti. Demikian mengacu pada konflik serius pemilik tim, Marc van der Straten dan pemilik tim, Michael Bartholemy yang sudah dipecat.

Menjadi masalah serius karena sebagian besar sponsor diurus Bartholemy lewat perusahaan pribadinya MM Performance & Racing AG di Swiss. Dikutip dari laman media asal Jerman, Speedweek.com, disebut bahwa van der Straten harus merogoh kocek pribadinya sebesar 4 Juta euro atau sekitar Rp. 70 Milyar/tahun.

Konteks ini pastinya sudah disupport dana yang masuk dari sponsor, terutama dukungan Dorna, Estrella Galicia 0,0 yang notabene adalah minuman bir namun tanpa alkohol ataupun sponsor Total. Bayangin saja jika sponsor belum atau tidak jelas tahun depan. Adapun klaim biaya yang dikeluarkan untuk kompetisi MotoGP bagi Marc VDS dalam setahun adalah 12 juta euro atau hampir Rp. 200 milyar.

koizumi

Konteks tersebut diatas yang akan memberatkan Marc VDS. Terlebih karena  harus mencari ulang sponsor yang selama ini bersama Bartholemy. Termasuk soal faktor usianya van der Straten yang sudah 70 tahun dan selama ini lebih pada hobi atau kesenangan saja. Menyangut dukungan dana yang diterima dari pihak Dorna selaku promotor penyelenggara adalah 5,5 hingga 5,8 juta euro atau seputar Rp. 95-98 Milyar.

Bahkan hingga saat ini belum jelas siapa pemasok mesin MotoGP 2019 setelah pihak Suzuki memberitahu bahwa mereka tidak hadirkan tim satelit (2019. Negosiasi dengan Yamaha terhenti karena konflik tim. Diprediksi bahwa Marc VDS cukup bertahan di balap Moto2 ataupun Moto3. Untuk perjalanan kompetisi Moto2 selevel Marc VDS menelan dana 2,5 juta euro atau sekitar Rp. 40 Milyar.

Anyway, Moto2 yang mendapat pasokan mesin dari Honda, pastinya memiliki harga yang jauh lebih murah. Pertanyaan lebih lanjut, bagaimana dengan perkiraan rider atau tim pengganti Marc VDS ? Tom Luthi yang memang kurang moncer di MotoGP 2018 karena belum mendapatkan poin, disebut akan kembali ke balap Moto2.

Sedang Morbidelli diproyeksikan ke Aprilia yang memang masih kurang satu rider karena baru Aleix Espargaro yang tanda tangan kontrak. Infonya, Dorna lebih senang adanya kepergian tim Marc VDS dengan gantinya ialah timnya Rossi, SKY VR46 Racing Team.   BB1

Facebook Comments

You May Also Like