Tips #Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik Mudik Lebaran

Beritabalap.com – Setelah menghabiskan waktu bersama dengan keluarga besar selama libur lebaran di kampung halaman, kini tiba waktunya bagi kita untuk kembali menjalankan aktivitas keseharian di daerah masing-masing.

Namun, perlu diingat bahwa saat arus balik setelah libur lebaran dapat terjadi kepadatan lalu lintas yang tinggi. Untuk itu, penting bagi pengendara sepeda motor untuk memperhatikan tips #Cari_Aman berkendara agar perjalanan pulang lebih nyaman dan aman.

Namun demikian, arus balik mudik merupakan tantangan tersendiri, apalagi jika kita melihat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

koizumi

Untuk itu, Instruktur Safety Riding PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT, memberikan tips #Cari_ Aman berkendara saat balik mudik Lebaran.

1. Persiapkan kendaraan dengan baik
Pastikan sepeda motor dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan pulang. Cek tekanan ban, sistem rem, lampu. Bila perlu lakuakn pengecekan di bengkel AHASS terdekat.

BACA (JUGA) : PT MPM Hadirkan CRF X-Pedition East Java Untuk Pecinta Adventure, Begini Cara Ikutnya

2. Pilih rute perjalanan alternative.

Memasuki arus balik lebaran, pastinya diprediksi lalu lintas akan mengalami kemacetan dan kepadatan dikarenakan masyarakat mulai bersiap kembali.

Sebelum memulai perjalanan pulang, cari tahu rute alternatif yang dapat diambil untuk menghindari kemacetan di jalan utama. Biasanya terdapat jalan alternatif yang lebih sepi dan memperpendek waktu perjalanan.

3. Persiapan diri
Selain persiapan akan rute perjalanan dan kendaraan, kita juga harus mempersiapkan diri seperti memakai perlengkapan berkendara jaket , helm dan jas hujan karena saat ini kondisi cuaca yang tidak menentu. Pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik sebelum berkendara. Istirahat yang cukup, minum air putih, dan makan makanan yang sehat dapat membantu menjaga stamina dan konsentrasi saat berkendara.

“Jangan memaksakan diri untuk berkendara dalam keadaan lelah. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan pengendara sepeda motor dan pengendara lain di jalan.” kata Fendrik Alam, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

4. Bawa barang secukupnya
Momen balik mudik lebaran pasti menyisakan begitu banyak moment ketika berada di kampung halaman seperti oleh-oleh khas kampung halaman. Nah membawa barang bawaan yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kita, maka dari itu bawalah bawang secukupnya saja.

“Keselamatan berkendara harus selalu menjadi prioritas, termasuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara agar selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan,” ujar tutup Fendrik. TIM

Facebook Comments

You May Also Like