Tune-up Jupiter Z Tim Dragbike RKDDW Jepara, New-Comer Tapi Sudah 8,2 detik

BeritaBalap.com-Masih dalan tahap riset pengembangan, namun pacuan Jupiter milik tim RKDDW Jepara, Jateng ini sudah ujuk taring. Sukses meraih podium ke-2 kelas Bebek 4T TU 130 cc (Pemula). Itu dalam gelaran latihan bersama (latber) dragbike LSI edisi ke 5 yang berlangsung di sirkuit Tawangmas PRPP Semarang, Jateng, Kamis kemarin (5 Juli).

Jokinya ialah pemula Arif Ucil dengan torehan waktu 08.268 detik. Kalau mekaniknya, akrab disapa Bang John. Yang pasti, motor ini baru selesai dan tidak semua joki pemula bisa torehkan waktu tersebut tadi. Lain cerita kalau yang menunggangi joki senior atau yang sudah sering ikut latihan, catatan itu akan gampang didapat. Paham ya !

Ditelusuri lebih dalam, untuk angka kompresi tidak jauh berbeda dengan motor yang lainnya yaitu 15 : 1. Sebuah angka yang lazim digunakan oleh tuner yang ikut di kelas Bebek 4 Tak TU 130 cc. Dengan kata lain, ledakan pada ruang bakar benar-benar terkompresi optimal sesuai rumusan tersebut.

Langkah kompresi disupport dengan piston berdiameter 55,25 mm. Bicara area puncak piston pada saat TMA dibikin hampir sejajar dengan bibir blok silinder. Maksudnya deck clearence-piston hanya disisakan 0.05 mm saja hingga memang terlihat ekstrim.

Bang Jhon juag menerangkan bahwa volume buret dan volume slinder mendekati 9,2 cc dan 129 cc. “Yang pasti semua aman terkendali, ‘tukas Bang John. “Kalau rasionya  gigi 1 ialah perbandingan 13/33, kemudian gigi 2 (18/32), lanjut rasio 3 masih standar dan gigi 4 optimal pada hitungan 22/25, “tambah Bang Jhon.

Karburator UMA 30

Pada sisi lain, rahasia Jupiter yang menggunakan bahan bakar bensol ini terletak pada jarum karbu UMA 30 dengan dukungan kombinasi spuyer 102/68. Untuk ukuran jarumnya sudah dimodifikasi sendiri dengan diameter yang pas dengan panjang sama dengan ukuran aslinya. Tujuannya, pasokan bahan bakar optimal sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bang Jhon juga menambahkan, ukuran payung klep sudah diadaptasikan dengan silinder 130 cc yaitu berdiameter  29 mm untuk katup masuk dan ex-nya 24 mm. Sehubungan sektor pengapian menggunakan perangkat CDI Rextor Prodrag 2 yang katanya memiliki launch-control yang bisa mengunci torsi saat start agar motor tidak spin atau roda depan terangkat lama. Ok, kita tunggu aksinya di sirkuit PRPP edisi ke 6. Semoga konsisten ya !  D 14 N 

Facebook Comments

You May Also Like