Wow… Balapan F1 Terberat Logistiknya, 6 Jet Khusus, Sama-Saja Angkut 1400 Gajah !

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa logistik alias perbekalan untuk balap Formula One (F1) sungguh spektakuler. Ini keliling dunia, bro. Tidak hanya di Eropa, juga sampai Asia, Australia dan Amerika. Bukan satu seri atau beberapa seri saja.

Paling tidak ada 20 putaran dalam satu musim kompetisi F1. Sehubungan pengangkutan logistik F1, maka dikerjakan oleh pihak DHL yang notabene menyiapkan 6 jet khusus yang sangat besar. Kontainernya juga khusus saat dari bandara ke sirkuit.

“Untuk setiap tim, ada sekitar 20 ribu bagian dari peralatan tim balap. Yang pasti, tidak penah hilang, paling sering berpindah tempat saja, “ujar Gerrard O’Reilly, koordinator tim Red Bull Racing. Total ada sekitar 7000 ton material untuk balap jet darat ini yang dibawa keliling dunia. Sekedar ilustrasi, jika berat 1 gajah Asia sama dengan 5 ton (5000 kg), maka dalam setiap seri F1 diangkut sebanyak 1400 gajah.

koizumi

Sekilas informasi saja, tes perdana F1 akan dihelat di Catalunya, Barcelona, Spanyol pada 26 Februari mendatang. Tentu saja, tim-tim akan mempersiapkan pacuan terbaru mereka untuk kemudian dikumpulkan dalam satu pengangkutan dari pihak penyelenggara (Liberty Media). BB1

Facebook Comments

You May Also Like