WSSP 300 Jerez, Spanyol : Mantap… ! Galang Hendra ke-5, Masuk Superpole 2

Beritabalap.com-Kejuaraan World Superbike Championship 2017 (WSB 2017) yang notabene menghadirkan kelas  WSSP300 digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol,  akhi pekan ini (20-22 Oktober 2017). Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama bersama dengan 6 pembalap Yamaha bLU cRU siap beraksi pada seri ke-9 atau final dari ajang balap FIM World Supersport 300 ini.

Sehubungan sirkuit,  maka trek Jerez merupakan lintasan yang terletak di Jerez de la Frontera, Spanyol. Dibuka pada tahun 1985 dan menjadi tuan rumah perlombaan WorldSBK pertamanya pada tahun 1990. Termasuk menjadi langganan venue balap motoGP. Sirkuit Jerez memiliki trek lurus sepanjang 600 meter dengan total panjang trek 4423 meter. Terdiri dari 13 tikungan, 8 ke kanan & 5 ke kiri. Layoutnya  menantang dengan gabungan high speed corner, slow hairpain/corner dan perubahan elevasi konstan.

Kondisi cuaca saat latihan bebas 1 dan 2 (FP1 dan FP2) pada hari Jumat (20 Oktober) berlangsung cerah dengan kecepatan angin yang tinggi. Dalam sesi latihan bebas pertama, Galang Hendra meraih catatan waktu 1 menit 57.142 detik dan menempati posisi 11.

koizumi
Galang Hendra tembus posisi ke-5 hasil kombinasi latihan bebas 1 dan 2

“Pertama kali di sirkuit Jerez ini dengan Yamaha YZF-R3. FP1, saya berusaha mengenal sirkuit, juga mencoba beberapa settingan terutama pada perbandingan final gear, “ungkap Galang Hendra sesaat setelah selesai FP1.

Tampil berstatus wild card dengan tim Motox Racing, Galang Hendra tampil lebih baik di FP2.  Sejak sesi awal FP2 menunjukan performa impresif. Galang berhasil menempati di posisi ke-4 dengan catatan waktu yang lebih cepat 0.802 detik sekaligus mencetak top speed terbaik 187,6 km/jam.

“Saya senang dengan hasil sesi latihan hari ini. FP2 saya memaksimalkan semua sector & masuk top 5 besar. Terima kasih untuk Yamaha & semua crew tim Motoxracing. Untuk Superpole 2, saya sudah mempunyai rencana bersama tim agar berada di depan. Mohon doa dan dukungannya untuk merah putih Semakin Di Depan,“ tambah Galang Hendra.

Berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan bebas, maka Galang berada di posisi 5. Adapun 10 pembalap yang melaju ke babak penentuan grid-start  (Superpole 2) adalah Bonoli, Coppola, Garcia, Gonzalez, Galang Hendra, Derque, Schotman, Rusmiputro, De La Vega & Valle. Sesi  ini memperebutkan posisi start dari 1-12 bersama 2 pembalap tercepat pada sesi Superpole 1.

“Di FP1 tim mendapatkan beberapa data pada setiap segmen atau sektor. Dari data per sektor,  tim dan Galang mencari optimalisasi baik rider maupun set-up motor. Kami berharap hasil superpole 2 nanti memperoleh output yang baik untuk menentukan grid start,” tegas Kadek Suma, Divisi Motorsport YIMM yang ikut menemani Galang Hendra. BB1

Facebook Comments

You May Also Like