Yamaha R6 Terlalu Perkasa, Balap WorldSSP Masih 4 Seri Tapi Hampir Juara Dunia

BeritaBalap.com-Balap Supersport Dunia, populer disebut WorldSSP sudah berjalan 7 seri. Hasilnya, penunggang Yamaha YZF-R6 begitu dominan. Itu dalam data klasemen sementara. Bisa dicek dibawah ini. Bahwa 3 racer yang membesut R6 menguasai standing point. Bahkan pundi nilai Randy Krummenacher  (Bardhal Evan Bros WorldSSP Team) cukup jauh meninggalkan lawan yang bukan penunggang Yamaha, yaitu Lucas Mahias (Kawasaki Puccetti Racing) yang ada di urutan ke-4.

Mereka berbeda jauh hingga 91 poin. Jadi deretan 1,2 dan 3 adalah pelaga R6. Konteks ini yang diklaim membuat Yamaha hampir memastikan gelar juara dunia WorldSSP. Apa sebab ? Karena kompetisi WorldSSP tinggal menyisakan 4 putaran saja (Portugal, Perancis, Argentina dan Qatar) yang maksimal meraih 100 poin. Mengacu hal tadi, tinggal menggenapkan 9 poin saja.

Sekilas informasi saja, musim 2018 dimenangkan pelaga Yamaha (Sandro Cortese) yang tahun ini naik ke level superbike (WorldSBK). Yamaha justru sangat dominan di 2018 dimana urutan ke-2 dan seterusnya dipegang Jules Cluzel, Randy Krummenacher, Caricasulo dan Lucas Mahias.

koizumi

Unggul atas pabrikan Kawasaki, Honda, MV Agusta, Triump dan Suzuki.  Dua pabrikan yang disebut terakhir tidak lagi bersaing musim 2019 ini.Mengacu pada dominananya R6 dalam beberapa tahun ini hingga menjadi pilihan dominan peserta, maka Dorna selaku promotor penyelenggara dan asosiasi sepeda motor (FIM) akan membuat regulasi baru.

Yaitu untuk mesin 4 silinder diperbolehkan hingga 650 cc, sedangkan yang 2 silinder sah-sah saja sampai 800 cc. Tujuannya untuk membuka peluang hadirnya motor baru. Jadi ZX-6R yang 636 cc boleh saja ikutan. Ataupun MV Agusta F3 yang 800 cc, termasuk KTM yang 790 cc. Tentunya akan ada aturan keseimbangan yang baru hingga persaingannya kompetitif. BB1

 

Klasemen Sementara WorldSSP 2019 :

Facebook Comments

You May Also Like