YSR 2019 Sentul : Hawadis Bongkar Rahasia All New R15nya Tercepat Kualifikasi


BeritaBalap.com-Kembali kudabesi All New Yamaha R15 yang digarap mekanik senior Hawadis menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi kelas Sport 150 cc Professional Rider. Itu dalam seri ke-2 gelaran Yamaha Sunday Race 2019 di Sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu-Minggu ini (27 Juli).

Yap, Arianto Tarzan menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 50,507 detik. Ini lebih cepat sekitar 0,7 detik dari Wahyu Aji yang terdepan di seri awal (1) Yamaha Sunday Race 2019 dengan best time 1 menit 51,2 detik. Pastinya kedua pelaga tersebut mengusung tim Yamaha HDS Racing.

“Saat ini, tenaganya sudah sekitar 28,8 HP saat di dyno di bengkel racetech. Tapi ini masih banyak potensi yang belum digarap. Kita masih hati-hati sekali, misal RPM masih bermain di angka 14 ribu saja, sebelumnya saat R15 lama bisa mencapai 14.800 hingga 15.000, “terang Hawadis yang bermarkas di Tanjung Priok Jakarta Utara.


“Menurut saya, mapping ECU aRacer yang kita lakukan juga belum maksimal. Saya belum berani untuk spekulasi. Terpenting adalah podium dahulu, “tukas Robert Cong, tuner tim yang memang bertugas dalam set-up mapping pengapian.

Menurut Om Hawadis, sapaan akrabnya saat ini masih fokus pada riset camshaft yang dibuat 260 derajat, terlebih dengan adanya perangkat VVA. Juga sehubungan kompresi belum berani terlalu tinggi karene berhubungan dengan kekuatan piston.

“VVAnya kita buat bermain di angka RPM 12000. Yang pasti, VVA ini sangat membantu sekali saat keluar tikungan. Momen top speed bisa dicapai lebih baik. Step by step akan kita kerjakan. Kalau kompresinya 13,8 dan aman-aman saja dengan piston SND Racing diameter 58 mm, “tambah Hawadis yang menyebut rumusan rasionya masih sama dengan saat R15 lama dan mematok perbandingan final gear 15-45. BB1

Hasil Kualifikasi Sport 150 cc Professional Rider :

 

 

Facebook Comments

You May Also Like