Media Luar Ramai Memberitakan MotoGP Indonesia 2021 (Pulau Lombok), Apakah Jadi ?

BeritaBalap.com-Diberitakan oleh beberapa media luar bahwa Indonesia akan menjadi tuan-rumah MotoGP 2021. Tepatnya akan berlangsung di Mandalika, Pulau Lombok. Dalam konteks ini, penulis mengulas konten yang ada di media ternama asal Italia, Tuttomotoriweb.com.

Oh ya, sebetulnya ada juga di Motorsport.com, Crash.Net, MotoGP.com dan lainnya. Namun penulis fokus di Tuttomotoriweb.com. Bagaimana pemberitaannya ? Disebut bahwa Dorna Sports, promotor MotoGP dan Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) telah menandatangani kontrak tiga tahun untuk melakukan balap MotoGP dari tahun 2021 hingga 2023.

Konsep balapnya street-race dengan panjang trek 4,32 km dan sajian menu 18 tikungan. Ini seperti yang berlangsung di Singapore ataupun Monaco. Jadi menggunakan jalanan umum yang dimodifikasi sedemikian rupa.

koizumi

Pastinya, nanti lokasi trek di Mandalika memiliki pemandangan yang indah karena tidak jauh dari laut lepas. Kabarnya pula, hanya berjarak 20 km dengan bandara yang sedang disiapkan, termasuk pengembangan fasilitas hotel.

“Kami yakin bahwa kami akan dapat menjadi tuan-rumah balapan di Indonesia pada 2021, “ucap  Abdulbar M Mansoer, Direktur Kantor Pariwisata Indonesia yang dilansir dari Tuttomotoriweb.com.

“Kami memiliki kontrak yang ditandatangani dengan promotor Dorna Sports. Kontrak ini ditandatangani pada tanggal 29 Januari di Madrid. Ini memiliki durasi tiga tahun dan termasuk opsi perpanjangan, “tambah Abdulbar M Mansoer.

Lebih lanjut, untuk realisasi sirkuit, diinvestasi sekitar 50 juta dolar atau sekitar Rp. 700 milyar, sebagian besar dibiayai oleh investor swasta. “Pada kuartal ketiga tahun ini, kami akan memulai konstruksi, “tukas Abdulbar M. Mansoer. Alhasil, jika MotoGP 2021 Mandalika ini terealisasi, maka Indonesia kembali menghajat balap motor level tertinggi ini setelah terakhir di tahun 1996-1997 di Sentul.

Sekilas informasi saja, tahun depan (2020), MotoGP akan berjalan 20 seri setelah Finlandia memastikan diri menjadi venue penyelenggaraan. Utuk 2019 msih 19 putaran. Jika Indonesia masuk (2021), kemungkinan besar ada putaran yang dikurangi alias dihilangkan. Bisa jadi, diambil dari jatah Spanyol yang selama ini menggelar 4 seri. Semoga terealiasi ya alias bukan wacana dan wacana lagi. BB1

.

Facebook Comments

You May Also Like