Ini Spek Motor Baru Honda CBR 1000RR-R Buat Balap Superbike (WorldSBK 2020)

BeritaBalap.com-Honda memang merasa “ketinggalan kereta” dalam balap Superbike Dunia (WorldSBK). Itu jika dibanding dengan Kawasaki ataupun Ducati, termasuk Yamaha dan pabrikan lainnya.

Maka dari itu, musim 2020 nanti, HRC sudah menyiapkan motor baru untuk dua pembalapnya yang baru juga, yaitu Alvaro Bautista dan Leon Haslam. Sekali lagi ditegaskan, hadir inovasi pada motor terbaru, yaitu Honda CBR 1000RR-R dengan klaim tenaga aslinya menyentuh 217 HP (Horse Power) pada RPM 14.500. Torsinya 113 Nm di RPM 12.500.

Sebelumnya cukup 189 HP. Jadi ada peningkatan spesial. Makin beringas. CBR 1000RR-R ini dibuat dengan konsep racing. Tidak peduli harga, terpenting mampu bersaing di pentas WorldSBK 2020. Diklaim banyak mengaplikasi tehnologi yang ada pada MotoGP (Honda RC213V) ataupun yang versi jalan raya RC213V-S.

koizumi
Honda CBR 1000RR-R yang akan dipakai dalam balap WorldSBK 2020

 

Apa saja yang spesial dan pastinya inovatif ? Mulai mesin 4 silinder segaris dengan spesifikasi 81 x 48,5 mm, disebut identik dengan Honda RC213V-S yang merupakan kudabesi MotoGP versi jalanan.

Langkah kompresi dikawal piston alumunium tempa (forged) dari bahan yang sama dengan motor MotoGP. Dimensinya lebih besar dari sebelumnya namun yang ini lebih ringan. Secara logika, RPM jadi lebih cepat naik saat langkah Titik Mati Atas (TMA).

Kemudian sudut pemasangan klep masuk hanya 9 derajat (sebelumnya 11 derajat) yang secara logika akan meningkatkan efisiensi volumetrik. Termasuk langkah konversi train valve ke drag lever yang memungkinkan pencapaian kecepatan lebih tinggi dan lebih stabil.

Oh ya, batang penghubungnya terbuat dari titanium yang mengurangi bobot sampai dengan 50 persen dibandingkan material baja. Kemudian untuk katup throttle lebih besar, dari 48 menjadi 52 mm.

Menyangkut fairing disebut hampir sama dengan tipe fireblade sebelumnya. Yang pasti, kita tunggu saja test pertama yang akan dijalani Bautista dan Haslam. Akan terlihat bagaimana best-time yang diukir dan bisa dikomparasi dengan motor sebelumnya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like