Ada 5 Rider MotoGP Yang Nasibnya Terancam Didepak 2025 ? Siapa Saja ?

BeritaBalap.com-Banyak pembalap MotoGP yang kontraknya selesai akhir tahun 2024 ini. Nah, yang dibahas kali ini bukan soal selesainya kontrak musim ini tetapi bagaimana melihat potensi atau peluang mereka untuk dapat dipertahankan timnya ataupun ditaksir tim lain.

Dalam konteks ini, paling tidak ada 5 pembalap MotoGP yang nasibnya terancam. Kalaupun ada rider yang juga habis kontraknya 2024 ini tetapi diperkiarakan tidak terancam karena potensial dipertahankan ataupun dipinang tim lain.

Itu diantaranya Jorge Martin, Marc Marquez, Enea Bastianini, Alex Rins, Jack Miller, Pedro Acosta, Alex Marquez, Miguel Oliveira dan duet tim VR46 Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio. Sepak-terjang mereka masih dianggap berkualitas, terlebih jika mengacu prestasi 1 tahun belakangan ataupun dalam 2 seri awal MotoGP 2024.

koizumi

BACA (JUGA) : Ada Rencana Besar KTM Duetkan Marquez-Acosta ! Binder Digeser Ke GasGas Tech3

Siapa saja ke-5 petarung MotoGP yang eksistensinya terancam musim depan (2025) ?

1. Franco Morbidelli

Musim 2024 ini, Franco Morbidelli bergabung di tim Pramac Racing setelah dirinya digeser Alex Rins di tim pabrikan Yamaha. Pembalap asal Italia tersebut mengalami awal musim yang kurang baik karena mengalami cedera serius saat latihan diatas Panigale V4S di Sirkuit Portimao (30 Januari 2024). Dalam 2 seri balapan yang sudah berlangsung di Losail Qatar dan Portimao Portugal, Morbidelli yang berusia 29 tahun hanya finish ke-18. Yang pasti, Fermin Aldeguer sudah dikontrak Ducati (2025-2026) dan diprediksi kuat mengisi salah satu kursi di tim Pramac Racing.

2. Augusto Fernandez

Walaupun menjadi juara dunia Moto2 musim 2022 tetapi Augusto Fernandez diprediksi akan kehilangan kursi MotoGP musim 2024 ini karena memang sejak menjadi rookie MotoGP 2023 belum dapat berprestasi signifikan. Di Qatar finish ke-17, sedangkan di Portugal ke-11. Beda jauh dari rekan satu timnya di GasGas Tech3, Pedro Acosta yang langsung moncer sebagai rookie MotoGP 2024. Pedro Acosta dapat meraih podium ke-3 di Portimao. Namun memang dalam sebuah kesempatan, Augusto Fernandez mengatakan bahwa ia tidak akan mengharapkan perpanjangan kontrak jika memang tidak punya prestasi.

3. Joan Mir

Bergabung di tim Repsol Honda menjadi mimpi buruk dari juara dunia MotoGP 2020 tersebut. Masuk tahun ke-2 diatas pacuan Honda RC213V belum juga terlihat prestasinya. Kontraknya selesai tahun ini, beda dengan Luca Marini yang masih bersama hingga akhir 2025. Apakah memang motornya Joan Mir yang tidak perform ? Bisa jadi itu prediksi beratnya. Namun kondisi demikian bisa membuat Honda untuk mencari pembalap top baru yang diharapkan bisa merubah keadaan.

4. Raul Fernandez

Ini pembalap tim Trackhuse Aprilia. Raul Fernandez diklaim sangat rentan dilepas dibandingkan rekan satu timnya Miguel Oliveira. Dalam 2 seri MotoGP 2024, terbukti tidak mendapatkan poin sama sekali. Tentu saja, bukan perkara sulit bagi manajemen tim asal USA yang memiliki basic finansial kuat ini untuk menggantikannya dengan pembalap yang lebih berpengalaman. Bisa juga memproyeksikan pembalap asal USA juga untuk kepentingan promosi. Misal rider Moto2 asal USA Joe Roberts (American Racing Moto2).

5. Takaaki Nakagami

Sebetulnya sejak tahun lalu, namanya sudah terancam akan digeser oleh pelaga Moto2 Ai Ogura. Namun kemudian tidak terwujud karena Ai Ogura tidak menunjukkan prestasi spesial minimal runner-up Moto2. Sepanjang karirnya (sejak tahun 2008), Nakagami memang belum pernah naik podium satu kalipun. Nakagami juga sudah berusia 32 tahun.

Klasemen Sementara MotoGP :

 

Facebook Comments

You May Also Like