Ada Eksperimen Penutup Roda Belakang Ducati Michele Pirro, Apa Fungsinya ?

BeritaBalap.com-Ducati tidak pernah berhenti dalam berinovasi. Ini memang sudah tradisi mereka yang kemudian akan ada tim yang mengikutinya. Seperti kasus winglet dekat lengan ayun yang sempat kontroversial namun kemudian diijinkan dan ditiru beberapa tim. “Itu adalah bagian dari pekerjaan saya, “tukas Gigi Dall”Igna selaku General Manager Ducati Corse yang identik dengan berbagai hal yang diujicoba pada pacuan Ducati.

Termasuk dalam rangkaian latihan bebas (FP) di Sirkuit Mugello, Italia, Jumat (31 Mei) terbukti pada pacuan Michele Pirro terdapat perangkat yang menutupi satu sisi roda belakang. Jadi dibuatkan fairing khusus yang menutup area dekat roda belakang. Oh ya, Pirro yang merupakan test-rider alias penguji Ducati tampil balapan dengan status wild-card.

Diklaim alat ini bertujuan untuk mengurangi hambatan udara. Sebetulnya konteks ini pernah juga dijajal pembalap Chaz Davies pada Ducati Panigale 1199R (2 silinder) dalam WorldSBK di Misano musim 2018 lalu. Ini yang kemudian dieksperimen ulang pada MotoGP. Namun rider Andrea Dovizioso menyebutkan bahwa ia tidak akan menggunakan perangkat ini.

koizumi

“Saya tidak bermaksud mencoba perangkat pada roda belakang ini disini, “tukas Dovizioso. Kita tunggu saja ya bagaimana perkembangannya lebih lanjut, apakah akan lanjut dipakai atau tidak ? Pastinya, semua melalui proses perbandingan dan evaluasi bersama atas efek yang diberikan. Tunggu pula penjelasan teknis lebih detak dari Gigi Dall”Igna. BB1   

 

Facebook Comments

You May Also Like