Ahli Traumatologi Pembalap Ini Ungkap Resiko Besar Jika Marquez Nekad Balap Minggu Ini

BeritaBalap.com-Ada spekulasi berita bahwa Marc Marquez (Repsol Honda) akan mengikuti balapan minggu ini di Jerez (24-26 Juli). Padahal baru dioperasi pada Selasa kemarin (21 Juli) di Barcelona karena mengalami cedera pada tulang lengan yang patah. Itu di bagian kanan.

Saat ini memang sudah dipasang plat titanium dengan 10 sekrup. Konteks rumor kenekadan ini yang kemudian dikomentari oleh Dokter Claudio Costa yang merupakah ahli traumatologi pembalap. Disebut rumor karena belum ada pernyataan resmi dari HRC.

BACA (JUGA) : Dokter Xavier Mir Terangkan Plat Titanium & 10 Sekrup Pada Lengan Marc Marquez

koizumi

Sekilas informasi saja, Dokter Claudio Costa ini berasal dari Italia dan sudah berusia 79 tahun. Belia sudah pensiun dan populer di era tahun 1990-an dan terbukti pernah diantaranya menyelematkan cedera yang terjadi pada Valentino Rossi dan Mick Doohan (Assen, 1992).

Oh ya, bidang traumatologi itu berhubungan dengan cedera atau luka yang dialami karena benturan keras.  Lebih lanjut, apa katanya jika MM93 nekad ikut balapan akhir pekan ini di Jerez ?

BACA (JUGA) : Jelang MotoGP Jerez (2) : Alex Rins Siap Tarung Setelah Absen Jerez 1, Apa Katanya ?

“Hal penting pertama dan utama ialah tidak ada cedera saraf. Jadi patah tulang yang berada setingkat diatas titik, itu memang tidak beresiko. Situasi akan berbeda jika patah pada bagian sepertiga-tengah-ke bawah. Dalam hal ini, pembalap dapat mengepalkan tinju pada tangannya tetapi jari-jarinya turun. Kasus saat Nobby Ueda pada kecelakaan di Paul Ricard, maka kami membuat sarung tangan khusus dengan pita yang elastis, “terang Dokter Claudio Costa.

“Jadi begini, ketika sesuatu itu tidak mungkin, maka perlu mencobanya. Dalam kasus Marc yang memiliki bahu yang bermasalah, maka itu tidak mungkin terjadi tanpa ada resiko yang dapat merusaknya. Jelas plat itu menciptakan kesulitan yang besar dan sulit diatasi. Katakanlah kamu bisa menggunakan pelindung lengan seperti gladiator, tapi itu tidak benar-benar melindungi, “tambah Dokter Claudio Costa. BB1 

Tonton VIDEO Tentang Biaya Perbaikan Motor MotoGP Setelah Mengalami Crash Atau Kecelakaan : 

 

BB1

Facebook Comments

You May Also Like