Alvaro Bautista Sebut Lebih Sulit Balap WorldSBK Ketimbang MotoGP, Ini Alasannya..

BeritaBalap.com-Pembalap superbike (WorldSBK) asal Spanyol, Alvaro Bauitista menyebut bahwa balap WorldSBK itu lebih sulit dari MotoGP. Sekilas informasi saja, Bautista yang saat ini berusia 36 tahun, sudah memasuki tahun ke-3 di kompetisi WorldSBK.

Saat ini Bautista di tim Honda (HRC), sedangkan di level MotoGP pernah balapan sejak tahun 2010-2018. Pernah di tim Aprilia, Suzuki, Honda dan Ducati. Untuk Aprilia (2015-2016) dan Suzuki (2010-2011) menjadi bagian dari tim utama alias pabrikan.

BACA (JUGA) : Ternyata Kemajuan Spesial Aprilia RS-GP Karena Kerjasama Toyota

koizumi

Menyangkut kesulitan balap WorldSBK adalah padatnya jadual race. Pastinya sangat melelahkan. “Selalu ada sesuatu yang terjadi, tidak ada jeda waktu. Sangat melelahkan secara fisik dan mental, ”tutur Bautista yang pernah merebut posisi ke-6 dalam balap MotoGP (2013), itu di tim Honda Gresini.

“Di MotoGP, kamu bisa bersantai setelah kualifikasi pada Sabtu. Dalam Kejuaraan Dunia Superbike, kamu melakukan balapan pertama segera setelah Superpole, kamu tidak bisa beristirahat !  Kamu harus balapan lagi sehari kemudian. Lebih dari sekedar kelelahan fisik, meskipun superbike membutuhkan banyak hal, ketegangan mental yang hadir”.

BACA (JUGA) : Jelang MotoGP Jerez : Marc Marquez Akui Dilarang Latihan Motor, Kenapa ?

“Kamu tidak boleh membiarkan diri kamu dipengaruhi oleh hasil yang baik atau buruk. Pada hari Minggu, ada balapan sprint terlebih dahulu, dan kemudian ada balapan normal, yang membutuhkan pendekatan yang sama sekali berbeda. Itu yang paling sulit bagi saya, ”tambah Bautista yang pernah juara dunia GP125 (2006) dan runner-up GP250 2008), keduanya dengan pacuan Aprilia. BB1

Facebook Comments

You May Also Like