Apakah Hasil Sprint Race MotoGP Qatar Buktikan Motor Eropa Makin Tinggalkan Jepang ?

BeritaBalap.com-Menarik untuk mencermati hasil sprint race MotoGP Qatar semalam (9 Maret) ketika kita membahas perkembangan pacuan-pacuan dari pabrikan Eropa (Ducati, KTM dan Aprilia) ketika dibandingkan dengan motor-motor Jepang (Yamaha dan Honda).

Dalam hal ini, untuk menjawab asumsi bahwa anggapan sementara sehubungan motor Eropa lebih kencang dibanding tahun 2023 lalu. Maksudnya saat dikomparasi dengan pacuan Jepang.

Jika mengacu hasil Sprint Race MotoGP Qatar yang dimenangkan oleh Jorge Martin (Pramac Racing), maka gap atau jarak waktu dengan penunggang motor Jepang terbaik adalah milik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang finish ke-12 dengan gap waktu 12,863 detik. Relatif jauh ya. Jadi memang posisi terdepan hingga ke-11 milik motor-motor Eropa.

koizumi

BACA (JUGA) : Cek Data Top Speed Motornya Mario Aji Yang Start Dari Grid Ke-28 Moto2 Qatar, Gapnya 1,7 Detik

Nah, jika mereview hasil MotoGP 2023 lalu di lintasan yang sama Losail Qatar, maka perbedaannya 6,454 detik. Lebih dekat musim lalu ya. Itu juga milik Fabio Quartararo. Oh ya, menunya tetap sama, yaitu 11 lap atau berjarak 59,18 Km dan berlangsung dalam kondisi lintasan kering dengan temperatur 21-23 derajat. Hanya kelembaban udara yang berbeda, masing-masing 52 persen tahun ini dan 79 persen musim 2023 lalu.

Tentu saja, hasil Sprint Race MotoGP Qatar bukan ukuran yang mutlak. Kita harus melihat hasil dari seri-seri lainnya. Paling tidak dalam kurun 3-6 bulan kedepan ketika pabrikan Jepang memanfaatkan secara optimal Hak Konsesi yang mereka miliki tahun 2024 ini dimana dapat melakukan langkah riset lebih intens dan lebih mendalam. BB1

Hasil Sprint Race MotoGP Qatar :

Facebook Comments

You May Also Like