Awas Denda 100 Juta di OnePrix 2023 ! Aturan Tidak Boleh Latihan 15 Hari Sebelum Event

BeritaBalap.com-Awas ada denda Rp. 100 juta bagi tim yang melakukan latihan 15 hari sebelum event penyelenggaraan Kejurnas OnePrix 2023. Jadi tidak boleh lagi ya seperti yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. OMM selaku penyelenggara dan pihak IMI mendengar dan mengakomodasi aspirasi suara akar rumput.

BACA (JUGA) : Tinggal Sekira 1 Bulan ! Kenapa Belum Keluar Juga Starter Resmi OnePrix 2023 ?

Pada intinya, tujuan dari regulasi ini memang membuat kompetisi menjadi lebih fair play alias sportif.  Tim-tim kecil atau menengah dapat lebih efektif dalam budget pengeluaran biaya jelang balapan. Tidak terlalu jor-joran.

koizumi

Begini bunyi kalimat peraturan yang sudah disosialisaikan tersebut  : 15 hari sebelum gelaran OnePrix 2023 digelar (terhitung hari Jumat H-1), dilarang latihan di sirkuit tempat gelaran. Bila kedapatan melanggar akan dikenakan denda 100.000.000 atau tidak dapat mengikuti putaran yang akan berjalan”

Ingat, tradisi sebelumnya yang sah-sah saja latihan ataupun disebut set-up mesin dalam 1 minggu sebelum balapan ataupun 2 minggu sebelum balapan ataupun sebelumnya lagi. Terlebih penting dalam konteks ini adalah efektifitas dalam biaya pengadaan ban yang sangat memboroskan. Itu diakui banyak tim, termasuk tim-tim besar sekalipun. Mereka bisa belanja ban saja lebih dari 60-70 juta. Ingat itu ban saja.

Catatan penting sekaligus masukan diberikan Robin dari bengkel Racetech Jakarta sehubungan realisasi aturan tersebut diatas. Ini sehubungan kontrol ketat yang harus dilakukan pihak OMM ataupun IMI. Harus ada pengawasan di trek yang akan dipakai agar berlaku optimal.

Termasuk pula muncul berbagai pertanyaan kritis. Misal, apakah peraturan tersebut hanya berlaku untuk pembalap yang terdaftar sebagai starter OnePrix 2023 saja ? Jadi dibolehkan saja bagi test rider atau penguji dari mesin yang akan dipakai racer OnePrix 2023.

“Kan bisa saja yang latihan memang bukan pembalap OnePrix tetapi digunakan untuk set-up mesin petarung OnePrix dengan memakan rider lain. Jadi nanti regulasi ini harus dipertegas saat launching OnePrix 2023 nanti tanggal 17 Februari, “tukas Robin Racetech. BB1

Facebook Comments

You May Also Like