Baju Balap ‘Wajib Airbag’ (MotoGP-Moto2-Moto3), Alpinestars Dan Dainese Sudah Siapkan !

BeritaBalap.com-Tehnologi safety atau keamanan memang wajib ditingkatkan. Termasuk dalam hal ini baju balap, identik disebut wearpack. Terbukti aturan main kompetisi MotoGP, Moto2 dan Moto3 musim 2018 ini mewajibkan pakaian balap dengan dukungan tehnologi kantung-udara, populer disebut airbag.

Pastinya dukungan airbag dapat lebih mengurangi resiko cedera serius para rider. Kekuatan benturan saat terjadi accident dapat jauh dieliminir atau dikurangi. Ingat, bahwa top-speed MotoGP bisa menyentuh angka 345 km/jam.

Mantapnya, produsen ternama seperti Alpinestars ataupun Dainese sudah mempersiapkan hal demikian untuk para jagoannya. Tentu saja, diperuntukkan bagi petarung-petarung yang mereka support. Alpinestars sudah membuatnya untuk Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, Alex Rins, Takaaki Nakagami, Tom Lüthi dan Maverick Viñales.

koizumi

Tidak ketinggalan, Dainese yang berasal dari Italia dan diklaim sebagai perintis airbag telah menyiapkan pula untuk Valentino Rossi, Andrea Iannone, Jack Miller, Pol Espargaró dan Franco Morbidelli, termasuk penguji HRC Stefan Bradl. Bahkan Dainese juga melengkapi semua anak didik Rossi di Moto2 seperti Luca Marini, Lorenzo Baldassarri dan Francesco Bagnaia. Termasuk buat  untuk Mattia Pasini dan Joan Mir.

Ataupun di Moto3, Dainese persembahkan untuk Andrea Migno, Nicolò Bulega, Dennis Foggia, Niccolò Antonelli, Tony Arbolino, Tatsuki Suzuki, Marco Bezzecchi dan Lorenzo Dalla Porta. Sekilas informasi saja, dari gambar atau foto berita ini, maka sebelah kiri adalah tehnologi airbag yang dikembangkan Alpinestars, sedang sisi kanan adalah airbagnya Dainese.

Disamping itu, Dainese juga memasok kantung-udara ke perusahaan kulit IXS (untuk Dominique Aegerter dan Philipp Öttl) ataupun ke Mugen dan Furygan (untuk Johann Zarco). Tidak ketinggalan, merk lain seperti Ixon asal Perancis yang juga menghadirkan air-bag untuk pelaga-pelaganya di MotoGP dengan Bradley Smith, Aleix Espargaró, Yonny Hernandez, Xavier Siméon dan Mika Kallio.

Di Moto2, Ixon mendukung Miguel Oliveira dan Brad Binder, serta tim Dynavolt Intact dengan Xavier Vierge dan Marcel Schrötter ataupun Remy Gardner dan Héctor Barberá. Adapula RS Taichi yang dipakai test-rider Honda, Aoyama dan Spidi yang digunakan Tito Rabat.

Intinya semua produsen wearpack sudah menyiapkan diri untuk peraturan wajib airbag ini. Lebih lanjut dipahami, walau belum diwajibkan pada superbike (WSBK 2018), namun Alpinestars sudah membekali para pelaga WSBK 2018 dengan perangkat air-bag, mulai Jonathan Rea, Chaz Davies, Eugene Laverty, Michael van der Mark dan Jack Gagne. Wow, dipakai sejak dini ya ! BB1

Facebook Comments

You May Also Like