Balap F1 2020 Terancam, Kontrak 5 Seri Berakhir 2019

BeritaBalap.com-Balap Formula One (F1) tahun 2020 terancam berkurang serinya. Apa sebab ? Karena ada beberapa venue yang kontraknya habis di tahun 2019 ini. Mulai Meksiko, Barcelona Spanyol, Silverstone Inggris, Monza Italia dan Hockenheim Jerman.

“Kami memiliki sejumlah perjanjian yang berakhir pada 2019. Entah kami menemukan perjanjian baru atau kami berpisah, “tutur CEO F1, Chase Carey. Bahkan untuk Meksiko diperkirakan tidak akan berlanjut lagi. Kontrak dengan perusahaan Corporacion Interamericana de Entretenimiento (CIE) yang membangun kembali trek Autodromo Hermanos Rodriguez dan bertanggung jawab untuk menjalankan balapan hanya menjamin balapan 2019.

“Batas waktu telah berakhir, yang meyakinkan kami tanggal yang biasa untuk balap F1 Meksiko. Dengan kata lain, Meksiko telah kehilangan hak istimewa untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, “demikian pernyataan CIE. Padahal tercatat lebih dari 350 ribu orang yang menyaksikan F1 Meksiko.

Makin suram, presiden baru terpilih (Desember 2018), Andres Manuel Lopez Obrador tidak menyukai olahraga yang diklaim menghabisakan dana publik ini. Media Meksiko menyebut subsidi pemerintah untuk F1 sangat signifikan senilai 20 juta dollar atau senilai Rp. 283 milyar. Yang pasti, baru Vietnam yang memastikan sebagai seri baru F1 di tahun 2020. BB1

Facebook Comments