Batas Usia Rider Moto3 Tahun Depan 18 Tahun, Kalau Jawara FIM JuniorGP Bisa 16 Tahun

BeritaBalap.com-Salah satu peraturan baru yang sudah cleared dan perlu disosialisasikan pasca rapat Komisi Grand Prix dan FIM tanggal 24 Juni di Assen Belanda, bahwa untuk menjadi pembalap Moto3 musiam depan (2023), maka minimal berusia 18 tahun. Wajib hukumnya ya.

BACA (JUGA) : Akhirnya David Munoz Bisa Balap Moto3 Mugello Setelah Sudah Berusia 16 Tahun (15 Mei)

Jadi ada peningkatan dari tahun 2022 ini yang minimal 16 tahun. Demikian ditingkatkan untuk lebih menjaga unsur safety, baik untuk keamanan pembalap itu sendiri ataupun rival-rivalnya.

koizumi

Yang pasti, tidak boleh kurang 18 tahun ya tahun depan. Harus tepat atau lebih. Seperti David Munoz (BOE Motorsports)  yang baru boleh balap Moto3 tahun 2022 ini saat seri Mugello Italia ketika sudah berusia 16 tahun.

BACA (JUGA) : Jorge Martin Ungkap Keunggulan Aprilia RS-GP Saat Berada Di Belakangnya

Namun ada catatan penting pula. Bahwa bagi jawara FIM JuniorGP 2022 yang siap melangkah ke level Moto3 (2023) diperbolehkan dengan usia 16 tahun. Ataupun dari juara Red Bull Rookies Cup 2022 yang diijinkan jika sudah berusia 17 tahun.

Secara logika, para jawara dari gelaran-gelaran balap tersebut, dianggap memiliki skill yang berbeda. Diatas rata-rata rookie atau pendatang baru. BB1

 

 

Facebook Comments

You May Also Like