Bima Aditya Bongkar Rahasia Knalpot Proliner yang Hantar Gupita Kresna Juara Umum Sport 150 (YSR 2018)

BeritaBalap.com-Gupita Kresna belum lama ini meraih juara umum Sport 150 cc dalam pagelaran Yamaha Sunday Race 2018 yang sudah berakhir. Petarung tim Yamaha Yamalube Oryza Nissin IRC DID KYT tersebut didukung oleh mekanik Bima Aditya yang juga kakak kandungnya sendiri.

Lebih lanjut, Bima Aditya menerangkan bahwa riset pacuan Yamaha YZF-R15 yang terbaru dan sangat penting ialah sehubungan perangkat knalpot Proliner.

Gupita Kresna, juara umum sport 150 cc dalam Yamaha Sunday Race 2018

“Banyak kenaikan tenaga yang signifikan dengan aplikasi knalpot Proliner. Bagian R & D Proliner memfasilitasi saya untuk meriset konstruksi knalpot sesuai kebutuhan mesin, “ujar Bima Aditya yang menyebut tenaga pacuannya saat ini berada pada kisaran 32,5 HP (Horse Power) dan torsi 18,5 nM.

koizumi

Baca (juga) : IRC Fasti1 Hantar Gupita Kresna Juara Umum Sport 150 (Yamaha Sunday Race 2018)

Faktanya, semburan tenaga R15 ini mencapai RPM 14.800. Enteng melibas lawan saat keluar tikungan ataupun di trek lurus Sentul. Gupita Kresna tiada lawan setelah menggunakan Knalpot Proliner yang notabene tersedia untuk semua motor.

Konstruksi knalpot Proliner yang didesain berbeda dan memberikan kenaikan tenaga secara signifikan

 

“Jadi knalpot Proliner saya ini modelnya lebih pendek setelah P1. Ini P3nya lebih pendek dari yang beredar pada umumnya. Disamping itu, daleman silincer dengan kawat ram-raman kecil. Intinya, untuk mengangkat power atas lebih jalan. Kita riset berdasarkan data pada dyno, “tutur Bima Aditya yang juga mantan pembalap nasional di era tahun 2000-an.

“Kalau diameter pipa yang saya pakai, kombinasi 30 dan 34 mm. Yang pasti, spek ini berbeda dengan modelnya knalpot yang dipakai pada motornya Hawadis ataupun Racetech, “tambah Bima Aditya yang mematok durasi camshfat pada kombinasi 60 dan 28 untuk sudut buka-tutup katup masuk dan buang.

Oh ya, pasukan Yamaha Yamalube Oryza Nissin IRC DID KYT ini disupport langsung M Ghifar selaku pemilik tim yang juga pengusaha muda sukses asal Ternate, Maluku Utara. Sahata

 

 

Facebook Comments

You May Also Like