Bore-up MX King s/d 200 cc ! Pakai UMA Racing Terbukti Jawara Kejurda Dragbike Banten

BeritaBalap.com-Seri pertama kejuaraan Daerah (Kejurda) dragbike 201M Banten dipersembahkan oleh Bodisa Motosport, Minggu kemarin (29 Mei). Seperti biasa lokasinya masih menggunakan landasan Pangkalan Udara (Lanud) Rumpin, Bogor.

Dalam kejurda kali ini, dilombakan 21 kelas, mulai kategori Bracket, Matic juga Bebek 4T, Sport 2T hingga FFA Campuran, dengan jumlah peserta hampir tembus 300 starter. Nama-nama peserta juga masih didominasi joki-joki lama seperti Iham Unyil, Vano Mahendra, M Dhiba, Osenk Tanxian, dan masih banyak sederet dragste ikut berkompetisi.

Terbukti memborong podium juara

Untuk daerah asal peserta yang hadir juga beragam, mulai dari Tangerang sebagai tuan rumah, juga dari Karawang, kemudian Bandung, Kudus hingga terjauh dari Papua. Yang pasti Kejurda Dragbike wilayah Banten kali ini terbilang lebih seru dari event-event sebelumnya.

koizumi

Pastinya di gelaran Kejurda Dragbike Banten kali ini, banyak keseruan masalah adu motor terkencang di trek 201 meter. Hasil oprekan mekanik handal, baik dari wilayah Tangerang, DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Menarik dicermati pertarungan di beberapa kelas bergengsu seperti Bebek 4T 200 cc TU Open dan Bebek 4T 200 cc TU Pemula. Dalam hal ini, kita fokus pada kudabesi berbasic Yamaha MX King oprekan engine builder Amir dari bengkel AMR Racing Jakarta yang memang menjadi sorotan penonton pecinta balap trek lurus kali ini.

Blok silinder UMA Racing yang tersedia dalam bebeapa ukuran diameter piston

Yap… karena pacuan MX King milik Tomo Speed Shop ini, dalam setiap kompetisi selalu mendapatkan catatan waktu terbaik. Bahkan beberapa kali best time alias waktu tercepat. Seperti diungkapkan oleh Amir yang mengatakan.

“Tahun lalu waktu Kejuaraan Dragbike IDC 2021 bisa tembus catatan waktu 7.1 detik yang levelnya Kejurnas merebut juara 1 dengan joki Gery Percil. Sedang kalau di event Gadhuro lebih bagus lagi catatan waktunya yaitu 6,9 detik di 201 meter, ”kenang Amir.

Sedang di hajatan Kejurda Banten kemarin, Yamaha MX King ini masih belum terkalahkan dalam hal kecepatannya. Pada kelas Bebek 4T 200 cc TU Pemula, dengan joki Vano Mahendra merebut best time yaitu dengan catatan waktu tercepat 7.4 detik. Tapi di kelas Bebek 4T 200 cc dengan pembalap Ilham Unyil mampu menorehkan catatan waktu tercepat yaitu 7.1 detik.

Silinder yang diupgrade dengan produk UMA Racing

Dengan demikian maka Yamaha MX King ini dapat merebut posisi best time pada dua kelas tersebut. Nah, apa rahasia secara teori teknikal yang membuat Yamaha MX King ini lari sekencang itu ?

Di jelaskan oleh Amir selaku mekanik, kalau jurus jitunya saat membuat MX king ini bisa lari kencang ada pada rumah piston atau Cylinder Block Kit (blok mesin) menggunakan produk UMA Racing.

“Memang saya akui untuk blok mesin saat saya menggunakan UMA Racing, terbukti bisa tahan dan kuat dalam kondisi putaran mesin kompresi tinggi. Sekaligus dengan piston forgingnya juga tergolong kuat saat bekerja menciptakan tenaga dalam gerak naik-turun suntuk sebuah proses pembakaran, ”jelas Amir.

Lebih istimewanya lagi, blok mesin UMA Racing ini sudah plug and play istilahnya. Tinggal pasang saja. Untuk ukuran blok UMA yang udah ada di pasaran memiliki ukuran diameter 57, 62 dan 65 mm.

Jadi untuk mengejar regulasi cc saya pakai yang 65, mendekati angka 200 cc. Tepatnya sekira 195 cc. “Tinggal memang beberapa settingannya disesuaikan dengan perbandingan kompresi dan kebutuhan lain yang ingin diaplikasi,” tutup Amir. Tim

Facebook Comments

You May Also Like