Bos Kawasaki Sebut Biaya MotoGP Itu 10 Kali Lipat Balap Superbike, Berapa ?

BeritaBalap.com-Menarik pengakuan Bos Kawasaki yang menyebut bahwa anggaran dana untuk balap MotoGP itu sangat mahal. Jika dibanding dengan kompetisi superbike (WorldSBK), maka bertarung di level MotoGP itu butuh duit 10 kali lipat.

Anyway, principal Kawasaki Heavy Industries memang memiliki pengalaman sebelum akhirnya mundur. Wow… berapa itu ya ? Konteks ini yang diungkapkan langsung Ichiro Yoda selaku perancang motor Kawasaki.

BACA (JUGA) : Rossi Digantikan Quartararo (2021-2022), Sahabat Rossi “Uccio” Marah ?

koizumi

“Balap MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki, ini adalah keputusan finansial kami. Biaya MotoGP itu 10 kali lebih banyak daripada WorldSBK. Untuk MotoGP, kamu  membutuhkan 60 atau 70 juta euro setahun, Honda menghabiskan 100 juta euro, “ujar Ichiro Yoda.

“Selain itu, kami tidak dapat meyakinkan manajemen puncak dari Kawasaki untuk tempat ke-5 di Kejuaraan Dunia MotoGP. Mereka mengharapkan kemenangan, tidak peduli dalam kategori apa. Itulah mengapa kejuaraan dunia Superbike lebih masuk akal bagi Kawasaki dari sudut pandang keuangan, “tambah Ichiro Yoda.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Jajal Moto3, Untuk Apa ?

Alhasil, jika dikonversi ke rupiah, maka 70 juta euro itu sama dengan kisaran 1 triliun/tahun. Bayangin jika 100 juta euro seperti Honda yang berada di kisaran Rp. 1,5 triliun. Besar sekali ya. Kawasaki sendiri terakhir balap MotoGP bulan Februari 2009 dan kemudian bersama dengan Marco Melandri, juga selama satu tahun lagi dengan nama tim Hayate. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like