Cari_Aman Mudik Lebaran, Hal ini Wajib Di Perhatikan !!

BeritaBalap.com – Sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dimana saat lebaran kembali ke kampung halaman, yang dikenal dengan istilah mudik. Masyarakat Indonesia sudah biasa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi untuk mudik ataupun untuk silaturahim. Banyak pilihan moda kendaraan yang digunakan antara lain adalah sepeda motor.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Yudistira Ardi membagikan tips #Cari_Aman dan nyaman mudik lebaran. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan sepeda motor agar perjalanan menjadi aman dan nyaman antara lain :

BACA (JUGA) : Tidak Hanya Gathering Komunitas Big Bike, Honda Jatim Juga Ajak Kegiatan Sosial

Bikin route plan
Jadwal berangkat dan penentuan rute perjalanan sangatlah perlu, agar berkendara lebih aman dan nyaman. Pembuatan route plan terdiri dari : Jalan yang akan di lalui, lokasi pom bensin terdekat dan. tempat istirahat.

“Pemudik dapat memanfaatkan fasilitas Balai Santai Honda di sepanjang jalur mudik untuk beristirahat sejenak,” kata Yudis.

Periksa kondisi motor
Sebelum melakukan perjalanan mudik, cek kendaraan seperti tekanan angin ban, kampas rem. Sebaiknya cek kendaraan di AHASS terdekat sebelum melakukan perjalanan. Ada 3 titik AHASS Siaga yakni di Malang, Probolinggo , dan Mojokerto. AHASS Siaga beroperasi mulai jam 08.00 – 22.00 wib.

Gunakan Perlengkapan Berkendara
Untuk mengurangi resiko cedera pada saat berekendara, selalu gunakan perlengkapan berkendara yang terdiri dari Helm full face/open face, Jaket lengan panjang, Sarung tangan, Celana panjang dan Sepatu. Selain itu ada juga perlengkapan tambahan seperti jas hujan kaca mata, masker, pelindung dada, pelindung siku & lutut, serta kaos kaki. Perlengkapan berkendara juga berlaku buat boncengers. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan ditetapkan pemerintah.

Barang bawaan
Pastikan barang bawaan tidak melebihi 200kg (termasuk berat badan kita) agar mengendarai nya lebih mudah dan aman serta jangan lupa untuk mengikat nya dengan aman.

Durasi berkendara
Lebih baik kita berkendara maksimum 2 jam. Setelah 2 jam berkendara sebaiknya beristirahat di tempat istirahat yang tersedia di sepanjang rute perjalanan. Pemudik dapat beristirahat di Balai Santai Honda (BSH) yang ada siaga di Jalur Caruban tepatnya di Desa Sidorejo, Saradan Madiun. BSH terbuka untuk pemudik yang ingin beristirahat dengan layanan 24 jam.

Jaga kondisi tubuh agar tetap bugar
Tidur cukup merupakan salah satu cara agar kondisi badan prima sebelum perjalanan dengan sepeda motor. Selain istirahat yang cukup jangan lupa untuk makan menu bergizi saat sahur dan konsumsi vitamin jika perlu. Mengkonsumsi makanan yang sehat juga membuat tubuh lebih bugar dan kuat jika harus melalukan perjalanan panjang.

“Selain persiapan, teknik berkendara juga harus dimiliki oleh pengendara motor agar tetap #cari_Aman saat berkendara di jalan seperti slogan keselamatan berkendara dari Honda. Dan yang tak kalah penting patuhi rambu – rambu lalu lintas.” tutup Yudis. TIM

Facebook Comments

You May Also Like