Dikomplain Pebalap MotoGP, Sirkuit Barcelona Siap Diubah, Ini Desain Anyarnya !

Beritabalap.com-Dewan Sirkuit Barcelona, Catalunya, Spanyol telah memberi lampu hijau alias perijinan yang diminta FIM sehubungan perubahan lay-out atau desain trek dan pengaspalan ulang. Demikian sebagai langkah menyikapi berbagai komplain dari rider MotoGP 2017 seperti Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, Sam Lowes dan lainnya.

Sebelumnya, memang lintasan Barcelona diubah setelah kematian pebalap Moto2, Luis Salom (2016). Sempat dibuat seperti apa yang diterapkan dalam balap Formula One (F1) yang kemudian diprotes tahun ini. Dalam hal ini model chicane atau tikungan berbentuk hurus S dianggap berbahaya.

Tentu saja, perubahan lay-out tikungan ke-13 dan ke-14 dilakukan untuk mengedepankan unsur keamanan rider ataupun penonton. Ini bicara konteks area gravel ataupun jarak dengan penonton di Grandstand H. Oh ya, total panjang sirkuit saat ini 4,627 km.

koizumi

Secara kasat mata, tikungan dibuat lebih melebar. Silahkan lihat gambar, terutama garis hitam tebal. Rider diajak lebih aman dengan teknik rolling-speed. Tidak ada lagi tikungan yang rada patah. Langkah kedepan ialah menunggu homologasi FIM sebelum pelaksanaan MotoGP 2018. Anyway, MotoGP Barcelona sudah melegenda karena dihelat sejak tahun 1992. BB1

Facebook Comments

You May Also Like