Direktur Teknik MotoGP Tegaskan Sayap M1 (Tes Sepang) Diperbolehkan, Valencia Tidak !

BeritaBalap.com-Direktur MotoGP, Danny Aldridge menegaskan bahwa paket aero alias fairing lengkap pada Yamaha YZR-M1 yang dipakai saat pengujian Sepang lalu (28-30 Januari) diperbolehkan atau tidak dilarang. Itu ya fotonya menjadi gambar utama berita ini.

Namun winglet atau sayap yang dipakai M1 saat tes Valencia setelah seri final 2017, itu ilegal alias tidak diijinkan. “Fairing terbaru yang terakhir digunakan Rossi dan Vinales saat di Sepang teah dianggap legal. Desainnya berbeda dengan yang ada di tes Valencia, itu ilegal. Sekarang bagian tepi atas telah dibulatkan untuk alasan keamanan dan permukaannya mulus, “terang Danny Aldridge.

Ini winglets atau sayap M1 yang dilarang saat tes Valencia (2017)

Anyway, pertentangan sehubungan desain winglets pada paket aero memang masih menimbulkan kontroversi. Bukan hanya soal larangan winglets sejak akhir 2016, namun pula sehubungan pengertian dimensi yang diperbolehkan ketika sekarang banyak teknisi yang memindahkan winglets pada bagian internal atau dalam fairing.

koizumi

Pada bagian lain, ada pula rider yang tidak percaya dengan efek penting winglets yang diklaim meningkatkan downforc atau gaya tekan hingga lebih stabil saat masuk dan keluar tikungan. Terbukti ada beberapa racer yang tidak menggunakan winglet pada pacuannya (MotoGP 2017). Seperti Marc Marquez (Repsol Honda), Andrea Dovizioso (Ducati) dan duet Tech3 Yamaha, Johann Zarco dan Jonas Folger. Isu kuatnya sehubungan paket aero, memang akan dirancang ulang (MotoGP 2019) sehubungan dimensi secara detail yang disepakati bersama. BB1  

Facebook Comments

You May Also Like