Dragbike Bodisa 201 M-402 M Cicangkal : Fakta Spesial ! Master Brake Pump RCB Minimalisir Jump Start

BeritaBalap.com-Bodisa Motor Sport yang dinahkodai oleh H. Baharudin, tahun ini kembali menggelar event balap dragbike. Dengan semakin ramainya balap trek lurus, selain melombakan panjang trek 201 meter yang sudah umum di Indonesia, kini juga lagi ramai ada kelas trek baru berjarak 402 meter.

Seperti sudah terlaksana di kompetisi event dragbike di Jawa, bila sekarang memang ada dua pilihan trek atau jarak. Bodisapun ikut mensetarakannya dengan menggelar dua kelas tersebut.

Berlokasi di Lapter TNU AU Cicangkal-Bogor, untuk kelas trek dengan jarak 402 m, dilangsungkan pada hari Sabtu (20/5). Sedangkan untuk kelas trek 201 m, digelar pada hari Minggu (21/5). Dengan jumlah pendaftar tembus 300 starter.

koizumi

Anyway, balap karapan yang diselenggarakan oleh Bodisa selalu ramai diserbu tim-tim balap, baik asal Jabar, DKI Jakarta, juga tuan rumah Tangerang Raya. Bahkan pada event kali ini hadir pula tim balap dragbike asal Lampung, yaitu BTMS-Lampung.

Tim dragbike papan atas untuk wilayah Barat, seperti AMRC Api racing, Tahu Bulat FT Ardian, Faiz Motor 23, RM 146 FT, dan beberapa tim berat lainya turun di kelas trek 402m. Sedangkan tim drag bike Happy Turtle X, CTR 34, PT Profit Sejahtera FT, juga RPM K-Race dan masih ada beberapa tim kuat lainya lebih memilih turun di kelas trek 201m .

Saat penulis melakukan investigasi di lapangan, ada sesuatu yang menarik tentang brand produk yang ternyata banyak dipakai oleh tim-tim balap dragbike di event Bodisa kali ini. Apa itu ? Produk itu pastinya RCB atau biasa pecinta balap tanah air menyebutnya Racing Boy.

Yah.. brand aftermarket aksesoris asal Malaysia ini, sudah tidak asing bagi pelaku dunia balap dragbike. Hampir semua produk RCB, baik itu suspensi, brake system baik itu master, kaliper, selang rem, hingga cakram. Bahkan sport rim atau velg model palang lima SP 522 yang terkenal ringan, pasti menempel di kudabesi pacu tim dragbike.

RCB, UMA Racing dan Proliner menjadi bagian dari sponsor dragbike Bogor minggu kemarin

Pada gelaran dragbike Bodisa Sabtu-Minggu kemarin, di arena start terlihat banyak kudabesi yang sudah dibekali tuas pengereman Master Brake Pump RCB. Dan ini fakta di lapangan, kudabesi yang turun di banyak kelas yang dilombakan, rata-rata memakai sistem pengereman dari RCB terutama untuk master atau handlenya.

Apa keistimewaan dari master brake pump RCB baik yang model E2, E3, bahkan yang jadi idola adalah S1 Radial hingga banyak dari tim balap yang memakainya ? Selidik punya selidik, ternya master brake pump RCB ini banyak memiliki kelebihan dibanding produk lain.

Dibocorkan oleh seorang engine builder yang sudah malang melintang di dunia balap dragbike yaitu Amir, dari bengkel AMR Racing Jakarta. mengatakan, ”Menurut saya sacara fungsionalnya, tuas dari handle master RCB ini sangat nyaman saat ditekan. Dia lebih semut dan tidak keras, dengan menggunakan satu atau dua jari saja sudah bisa memompa minyak rem dengan sangat kuat mendorong kampas remnya mencengkram disc cakram, ”jelas Amir yang sudah banyak membangun motor buat dragbike ini.

Labih dalam lagi Amir menjelaskan. Profil tuas masternya yang nyaman tadi, bisa lebih membuat rilex joki saat melakukan start. Biasanya joki harus konsentrasi pada lampu start. Jangan sampai melakukan kesalahan yaitu ‘jump start’ atau mencuri start.

“Nah kalau menurut saya. Ada istilah, master brake pump RCB ‘sangat enak buat menembak lampu start’. Maksudnya. Saat start pasti joki sudah memasukkan gigi satu, dan menarik gas kencang buat menaikan RPM. Nah, tentu waktu itu motor harus diam karena ban depan dilakukan pengereman. Begitu lampu sudah hijau, baru pengereman dilepas dan motor melaju kencang. Itulah istimewanya fungsional dari master rem RCB, daya tekannya lembu, nyaman di jari, daya tekan ke minyak remnya jugakuat, tapi responsif saat tuas remnya di lepas, ”tambah Amir. Tim

Facebook Comments

You May Also Like