Edan… Matik 200 cc Ini Borong 5 Podium di Grand Final LSI Dragbike Semarang

BeritaBalap.com-Ada yang sesuatu banget terjadi dalam Grand Final LSI Dragbike Series 2019 Sirkuit PRPP Tawangmas Semarang pada Minggu kemarin (18 Agusutus). Khususnya untuk kelas pemula. Tepatnya lagi, terjadi pada kelas Matic 200 cc Tune Up Pemula (poin). Apa dong yang spesialnya ? Bahwa podium 1 hingga 5 diborong oleh satu motor saja. Wow.. mantap !

Dikarenakan peminat kelas motor tanpa kopling alias tranmisi otomatis ini selalu banyak, maka sejak tahun 2013 yang lalu kategori matic s/d 200 cc masuk kelas utama atau kelas poin. Logika sederhananya, jika peminat banyak, maka persaingan dijamin ketat. Bisa dilihat dari catatan ke 14 starter yang mengikuti perlombaan,  bedanya tipis-tipis saja.

BACA (JUGA) : Hasil Juara Grand Final LSI Dragbike Series 2019  Semarang

Meski demikian pacuan matic yang membawa bendera tim K2 TNN Bos CRT AT 237 tidak gentar. Tidak mundur sejengkalpun. Hemmm.. kaya perang saja. Hal ini diakui oleh Ali Topan, dragbiker seeded Jawa Tengah.

“Ini motor sudah langganan juara, dimana pun itu event selalu bawa pulang trophy. Apalagi skill pemula dragbike sekarang merata. Jadi, sejak awal saya sudah yakin bisa persembahkan podium tertinggi, ’’bangga Ali Topan joki sekaligus juru rawat (maintenance) motor.

Menariknya, doi juga bercerita tidak ada yang berubah dengan motor sejak seri pertama LSI Dragbike Series 2019. Untuk diameter pistonnya 66 mm dan tetap pakai stroke bawaan Mio yang 57.9 mm. Kapasitasnya hampir mendekati batas 200 cc. Kalau diameter payung klep masuk ialah 33 mm, sedangkan katup ex-nya 28 mm.

Pasokan bahan bakar atau gas aktif memang harus diupgrade seiring dengan pembesaran kapasitan mesin. Sehubungan durasi ialah 278 derajat. Karakter dari buka-tutup katup ialah lebih gahar sejak RPM 5000. Memang durasi cukup tinggi untuk mengejak peak-performance. Kalau bobot roller 7 gram. Ini buat membantu akselerasi.

So, bagi yang penasaran dengan Yamaha Mio ini, silahkan datang di gelaran Kawahara IRC Indonesia Dragbike Championship 2019 putaran 3 kota Sragen Jawa Tengah pada tanggal 7-8 September nanti. Mereka siap tampil lagi. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like