Fabio Quartararo Kandidat Pengganti Rossi Jika Pensiun ?

BeritaBalap.com-Sepak-terjang rookie atau pendatang baru asal Perancis, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menyita perhatian publik. Quartararo mampu memecahkan rekor Marc Marquez (Repsol Honda) dalam konteks usia pertama kali meraih pole position atau grid terdepan di putaran MotoGP 2019 Jerez (5 Mei0.

Racer asal Spanyol tersebut mengukirnya di usia 20 tahun 14 hari (Jerez, Spanyol), sedangkan Marquez 20 tahun 62 hari di tahun 2013 (seri USA). Jadi Quartararo unggul lebih muda sekitar 48 hari. Andai saja tidak mengalami kendala teknis (shift penghubung yang putus), maka minimal podium runner-up diraih Quartararo dalam MotoGP 2019 Jerez lalu.

Catatan penting, bahwa musim 2019 ini Quartararo menggunakan M1 versi 2018. Jadi lebih tua 1 tahun dari yang dipakai Rossi dan Vinales ataupun Morbidelli. Lebih lanjut, Quartararo diprediksi banyak pihak menjadi salah satu kandidat pengganti Valentino Rossi jika nanti pensiun setelah musim 2020 (sesuai kontrak).

Tentu saja, konteks ini akan semakin jelas dan tegas jika Quartararo yang pernah meraih juara FIM CEV Moto3 (2013-2014) dapat konsisten mengukir prestasi. Pada bagian lain, hal ini tidak mengesampingkan rekan satu timnya, Franco Morbidelli (24 tahun) yang notabene adalah murid The Doctor di VR46 Riders Academy. Tinggal hasil yang dicapai diantara mereka berdua.

Yang pasti, Yamaha tidak akan bingung mencari rider pengganti karena memang sudah dipersiapkan sebelumnya. Seri ke-6 MotoGP 2019 Le Mans Perancis akan menjadi ujian serius bagi Quartararo yang akan tampil di kandangnya sendiri. Support penonton akan menjadi semangat tersendiri baginya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like