Fenomena Kejadian Aldi Satya Mahendra, Antara Hormati Kontrak dan Nafsu Balap 250

BeritaBalap.com-Sepak-terjang pembalap muda asal Yogyakarta usia 13 tahun, Aldi Satya Mahendra menggemparkan dunia balap nasional. Aldi, sapaan akrab dari racer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang konsen dai balap UB150 (ARRC 2019) ikut dalam seleksi Asia Talent Cup 2020 yang notabene adalah balapan one make race persembahan Honda dan Dorna Sports. Itu kemarin di Sepang, Malaysia (30 Oktober)

Sampai disini, jelas dan tegas pelanggaraan yang dilakukannya. Ikut hajatan yang beda merk. Penulis pun yakin, jika ada pembalap Honda yang kemudian ikutan seleksi dari program Yamaha, maka konteks pelanggaraan dan responnya pihak Honda akan samimawon alias sama saja. Bisa jadi lebih keras.

Ini berkorelasi erat dengan etika kelayakan. Ada istilah wanprestasi atau pengingkaran janji dalam dunia hukum. Bagaimanapun juga, pabrikan Jepang itu punya ego, emosi dan kehormatan. Mereka besar. MotoGP saja meraka jalani.

koizumi

Oh ya, soal berita, foto dan video keikutsertaan Aldi Satya Mahendra di seleksi ATC 2020 banyak beredar di media sosial (medsos).  Maklum saja, ATC 2020 diikuti oleh para talenta muda Honda yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

So, informasi perkembanganya banyak terpublikasi di medsos. Penulis juga memperoleh beberapa foto dan videonya. Anyway, jejak digital itu tidak bisa dihindari. Bahkan sosok Aldi Satya Mahendra juga muncul dalam Youtubenya akun Asia Talent Cup.

Namun ada satu hal yang penulis tangkap dari kejadian tersebut. Jadi ini adalah perkiraan penulis ya. Boleh disebut opini. Catat ! Bahwa hadir keinginan kuat dari orang tua Aldi Satya Mahendra ataupun Aldi Satya secara pribadi untuk ikutan balap Sport 250 cc. Mereka tidak peduli dengan penghormatan klausul kontrak ataupun pelanggaran etika dengan pihak Yamaha.

Intinya, mereka ingin Aldi Satya Mahendra lebih dini atau lebih cepat menjalani balap Sport 250 cc. Tujuannya agar lebih prospektif kedepannya. Mungkin pula ingin masuk skuad Asia Production 250 (AP250). Sekali lagi, ini prediksi penulis ya. Konteks ini yang memang salah karena masih terikat kontra dengan Yamaha. Tapi kapan lagi mau ikutan ATC 2020 ? He he he he… Sampai disini jelas, terdapat dua hal yang kontradiksi.

Lebih lanjut, kita tunggu saja bagaimana rilis resmi menyangkut sangsi yang akan diberikan pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ada isu bahwa Aldi Satya tidak akan diikutsertakan dalam balap UB150 di final ARRC 2019 Thailand. Kabarnya pula, sudah disiapkan beberapa kandidat pengganti. BB1

 

 

Facebook Comments

You May Also Like