FP2 MotoGP Valencia : Pakai Gaya Rear wheel Steering Quartararo Tercepat Lagi, Rossi Jatuh (Lagi)

BeritaBalap.com – Dua Yamaha duduk di puncak posisi FP2 sementara dengan menempatkn Fabio Quartararo sebagai yang tercepat dan Maverick Vinales di posisi 2. Sementara Valentino Rossi yang sempat jatuh di FP1, kini di FP2 ndlosor lagi.

Kondisi saat FP2 berlangsung, sedikit agak hangat. Hal ini memungkinkan beberapa pembalap untuk keluar dan mencetak waktu terbaik FP2. Salah satunya adalah Marquez yang sempat tercepat di awal sesi FP2.

Nasib agak malang memang menimpa Valentino Rossi. Setelah jatuh di FP1 di tikungan 4, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) kembali mencium gravel di FP2. Kali ini giliran tikungan ke-10 kanan yang berhasil membuat The Doctor mencium gravel.

koizumi

Untungnya Juara Dunia 9 kali itu baik-baik saja, namun tidak untuk YZR-M1-nya yang nampak babak belur.

https://twitter.com/i/status/1195340457322176514

Khusus untuk Fabio Quartararo yang mencatat waktu tercepat, memang agak sedikit berbeda. Rider Prancis ini menggunakan teknik lama yakni rear wheel steering untuk mempersempit sudut tikungan. Gaya ini sering terlihat di era GP500.

Sebenarnya di era elektronik seperti ini, gaya rear wheel lebih jarang terlihat lantaran ECU mampu mengontrol putaran roda belakang agar tetap memiliki traksi.

Kontrol roda belakang ini menggunakan menu bernama traction control. ECU akan memutuskan salah satu silinder agar kecepatan roda belakang tidak lebih cepat berputar dari roda depan.

Nah, Fabio Quartararo memanfaatkan traction control yang disetting lebih minim, sehingga roda belakang sanggup berputar melebihi kecepatan roda depan. WIC

Facebook Comments

You May Also Like