Freestyler Wawan Tembong Buka Sekolah Balap, 4 Muridnya Tarung Road Race Purbalingga

BeritaBalap.com-Ada banyak cerita indah saat pelaksanaan gelaran Piala Bupati Road Race Championship 2019 di Sirkuit Alun-Alun Kota Purbalingga, Minggu kemarin (20-21 Juli). Kisah diawali dengan tersenyum puasnya pihak penyelenggara perlombaan dalam hal ini Mayong Racing Team Purbaligga, kemudian peserta pebalap lokal membludak, penonoton di pinggir lintasanpun padat. Sponsor ya lumayan. Termasuk dukungan dari Bupati Purbalingga.

Nah, ada juga yang tidak kalah menarik yaitu kehadiran freestyler terbaik nasional yang berprestasi internasional, yaitu Wawan Jarwanto atau sering dipanggil dengan Wawan Tembong. Dalam rangka apa ya doi hadir di balap Purbalingga ?

Ditelusuri lebih dalam, ternyata mengawal 4 pebalap muda yang tergabung di Wawan Tembong Racing School (WTRT). Mereka adalah Safin Prabaswara, Rylo Artamajaya, Onesf Orus dan Arya Kristiyan.

koizumi

’’Awal terbentuknya sekolah balap ini atas dasar keprihatinan saya terhadap generasi penurus balap motor Kabupaten Boyolali dan sekitarnya. Mereka punya potensi untuk menjadi pebalap profesional. Secara teknis-pun, Kabupaten Boyolali punya sirkuit permanen, jadi mereka bisa berlatih mengasah skill di sana, ’’buka Wawan Tembong.

Kakak kandung dari Wahyu Nugroho, road racer Asia (UB150) sekaligus petarung tim Yamaha Bahtera Racing tersebut juga menjelaskan, bahwa ke-4 pebalap binaannya tadi berasal dari Karang Anyar, Salatiga dan Boyolali. Meraka latihan satu minggu sebanyak dua kali, yakni pada hari Sabtu dan Minggu.

Untuk saat ini motor yang digunakan merupakan sumbangan dari sponsor dan milik Wawan sendiri. ‘’Kalau teknis penguasaan motor, racing line dan sebagainya, kita dibantu juga sama Wahyu Nugroho. Hasilnya menempatkan Safin Prabaswara S podium ke-4 kelas Bebek 4 Tak Tune Up 150 cc Mix Open, kemudian Rylo Artamajaya podium ke-3 kelas Bebek 4 Tak Standart 150 cc ECU Standart Max 14 Tahun, ’’imbuh Wawan.

Pertanyaannya kritis selanjutnya, apakah hanya sekedar teknis penguasaan motor, racing line dan kerjasama tim saja yang didapat oleh pebalap muda binaan Wawan Tembong ?

Dengan tegas Wawan Tembong menjelaskan bahwa mereka juga mendapat ilmu freestyle dari dia. Ini yang diklaim menjadi dasar kenapa Wahyu Nugroho begitu indah dilihat saat melibas tikungan. Ada ilmu freestyle di dalamnya. Oh ya, salah satu murid Wawan Tembong akan berlaga di sirkuit Sentul akhir pekan ini, tepatnya di gelaran Yamaha Sunday Race 2019. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like